Polres dan PWI Aceh Tengah Gelar Lomba Tulis Jurnalistik

306

Tanohgayo.com, TAKENGON – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-76, Kepolisian Resort Aceh Tengah menggelar kegiatan lomba Jurnalistik tingkat SMA sederajat se Kabupaten Aceh Tengah.

Bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

Lembaga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Tengah turut terlibat dalam kegiatan tersebut, mulai dari penjaringan dan penjurian.

Kapolres Aceh Tengah AKBP Nurochman Nulhakim S.IK mengatakan, pendaftaran dan penjaringan telah dibuka sejak 10-18 Juni 2022.

Setiap sekolah bisa mengirimkan lebih dari satu orang peserta.

“Pendaftaran dan penjaringan kita buka selama 9 hari, peserta boleh mengirimkan tulisan berupa feature/essay tentang Kepolisian Resort Aceh Tengah, maksimal 500 karakter,” kata Nurochman Nulhakim kepada Wartawan, Jum’at (10/6/2022).

Thema yang diusung dalam kegiatan itu adalah ‘Polri Melayani”, tulisan peserta tahap awal dikirimkan melalaui Email acehtengahpwi@gmail.com.

Selanjutnya, panitia akan menyeleksi sebanyak 20 peserta yang akan mengikuti field trip (studi lapangan-red).

Saat mengirim tulisan, peserta diminta melampirkan Kartu Tanda Siswa (KTS) dan nomor handphone.

“Pendaftar awal bebas berapa saja bisa ikut, namun, setelah peserta mengirimkan tulisan tahap awal, panitia nanti akan menyeleksi kembali tulisan yang masuk. Kita akomodir sebanyak 20 peserta akan ikut studi lapangan, seperti, mengikuti kegiatan Bakti Sosial (Baksos), Operasi Patuh bersama Polantas dan Bantuan Sosial (Bansos),” kata Nulhakim.

Peserta yang lolos masuk 20 besar akan turun langsung ke lapangan bersama pihak Kepolisian untuk melihat langsung kondisi lapangan.

Tujuanya, peserta mengamati apa yang dilakukan untuk selanjutnya dijadikan karya jurnalistik yang diperlombakan.

Studi lapangan akan dilakukan tanggal 20 dan 24 Juni 2022, para pelajar ikut langsung ke lokasi.

Setelah mengamati dan wawancara di lokasi, akan menjadi bahan mereka saat lomba menulis pada tanggal 27 Juni 2022.

“Kita akan umumkan pemenangnya pada tanggal 30 Juni dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 1 Juli bertepatan dengan puncak HUT Bhayangkara ke-76,” kata Kapolres Aceh Tengah semabari menyebut total hadiah sebesar Rp5.400.000 plus Plakat Penghargaan dan sertifikat.

Untuk itu ia mengajak para pelajar ikut berpartisifasi dan menyalurkan kreatifitas serta berekspresi melalui karya jurnalistik terbaiknya melalui studi lapangan terkait Polri Melayani.

“Kami tunggu karya pelajar SMA/SMK/MA, ayo tunjukan bakat menulis lewat lomba Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Polres Aceh Tengah bersama lembaga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),” tutup Nurochman Nulhakim.