Pra Pora Arung Jeram dan Multi Event dan Single Event Piala Bupati Aceh Tengah di Takengon Resmi Dimulai

218

Takengon, tanohgayo.com– Gubernur Aceh, Nova Iriansyah diwakili Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Kerjasama, Drs. Bukhari membuka secara resmi pelaksanaan Pra Pora Arung Jeram dan Multi Event dan Single Event Piala Bupati Aceh Tengah di Takengon, Senin (4 Oktober 2021).

Provinsi Aceh dan Sumut akan bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2024 mendatang. “Maka dari itu, Pemerintah Aceh sangat serius menyiapkan Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2022 nanti, sebab ini akan dijadikan batu loncatan bagi para atlet Aceh meningkatkan prestasinya,” kata Bukhari.

Ia mengajak, para Pemkab untuk terus menyiapkan atlet terbaik di PORA nanti, untuk dibina dan bersiap mengikuti PON 2024. Bersamaan dengan Pra Pora Arung Jeram ini, lanjutnya lagi, tentunya akan menjadi ajang kompetitif bagi para atlit menunjukkan kemampuannya.

“Kita berharap semua atlit bisa tampil prima, sehingga ajang ini menjadi penghasil atlit berkualitas yang siap tampil di PORA 2022. Pemerintah Aceh berpesan, agar para atlit, wasit dan official bersikap sportif dalam menjalankan setiap pertandingan,” tambahnya.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah, Zulfan Diara, ST mengatakan olahraga Arung Jeram merupakan salah satu pusat  motor penggerak Gayo Sport Tourism. “Gayo Sport Tourism merupakan program yang akan kita jadikan dimana olahraga yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat Gayo dan membuka lapangan pekerjaan,” ungkap Zulfan

Menurutnya, sungai Peusangan telah memberi energi bagi pembangunan PLTA Peusangan dengan nilai investasi lebih dari Rp. 6 Triliun. “Sungai Peusangan dengan reservoirnya berada di Danau Lut Tawar, menjadi energi yang luar biasa yang harus dimanfaatkan oleh kita. Dan kami menjulukinya sebagai surganya para rafter,” tegasnya.

Lain itu, Zulfan mengatakan event arung jeram ini diikuti 14 kabupaten/kota dari seluruh Aceh mulai 4-10 Oktober 2021. “Selamat datang para rafter Aceh, selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas,” tandas Zulfan yang juga sebagai ketua panitia kegiatan ini. (RL/WR)