PTQ RRI Tingkat Nasional Ke-52 Di Takengon Direncanakan Dibuka Oleh Wapres Makruf Amin

122

Takengon-Pekan Tilawatil Qur’an Radio Republik Indonesia (PTQ-RRI) Ke-52 Tingkat Nasional Tahun 2022 yang pada mulanya akan digelar pada 15-19 April 2022, dipastikan akan berlangsung lebih awal dari jadwal yang direncanakan.

Kepastian memajukan tanggal pelaksanaan PTQ menjadi 13-17 April 2022 tersebut, diputuskan dalam rapat yang dilakukan secara hybrid dan dipimpin langsung oleh Direktur LPU-RRI Pusat, Yonas Markus Tuhuleruw, Sabtu (02/04).

Yonas dalam arahannya menyebutkan, adanya perubahan dari jadwal yang direncanakan itu, adalah terkait dengan konfirmasi terakhir dari Wakil Presiden RI, KH. Makruf Amin yang berkenan membuka secara resmi perhelatan PTQ RRI Ke-52 Tahun 2022 yang pelaksanaannya digelar di Takengon.

Dikatakannya, sesuai dengan schedule kegiatan resmi dari Sekretariat Wakil Presiden, diagendakan Wapres Makruf Amin akan tiba di Takengon pada 13 April 2022 untuk membuka PTQ RRI Ke-52 secara resmi pada Pukul 14.30 WIB, untuk kemudian melanjutkan kegiatan kenegaraan lainnya di Banda Aceh.

“Bapak Wapres Makruf Amin sangat berkeinginan untuk membuka PTQ RRI Ke-52 pada tahun ini. Dikonfirmasikan beliau akan datang ke Takengon pada 13 April 2022, dan membuka kegiatan secara resmi,” sebut Yonas.

“Oleh karena itu, kita perlu penyesuaian jadwal dan mendengar kesiapan panitia dan pihak-pihak terkait lainnya melalui rapat ini,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Shabela dan jajarannya yang mengikuti rapat dari Gedung Ummi Pendopo menyampaikan, pihaknya sangat menyambut baik dan merasa bangga atas rencana Wapres RI untuk membuka dengan resmi PTQ-RRI Ke-52 mendatang di Takengon.

Dia menyampaikan, pihaknya akan melakukan penyesuaian jadwal dan bekerja lebih ekstra lagi, atas konsekuensi dimajukannya pelaksanaan PTQ RRI lebih awal dari yang direncanakan.

“Kami sangat bergembira sekali mendengar kabar bahwa Bapak Wapres dapat hadir dan membuka langsung pelaksanaan PTQ ini. Tentunya kami harus siap, dan beradaptasi dengan pergeseran jadwal ini,” terang Shabela.

Lebih lanjut Bupati Shabela juga berharap, melalui Direktur LPU RRI untuk dapat menyampaikan kepada Protokol Kesekretariatan Wapres RI, bahwa masyarakat diwilayah tengah Aceh menaruh harapan agar Wapres Makruf Amin menyempatkan diri bermalam di Kabupaten Aceh Tengah dan bersedia menerima silaturrahmi dari masyarakat.

“Pemintaan kami, hendaknya Bapak Wakil Presiden dapat menginap atau bermalam di Aceh Tengah. Karena banyak sekali masyarakat wilayah tengah ini yang ingin bertatap ma dan bersilaturrahmi secara langsung.” Harap Bupati.

Rapat Internal Panitia Lokal

Merespon pergeseran jadwal pelaksanaan PTQ RRI Ke-52 tersebut,
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy menggelar Rapat Internal Panitia Lokal yang dihadiri oleh seluruh Bidang yang mengurusi tanggungjawab dalam urusan tugas masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut para ketua bidang yang dipimpin langsung oleh sejumlah Kepala OPD terkait itu, menyampaikan laporan kesiapan dan kendala-kendala yang dihadapi guna persiapan pelaksanaan kegiatan yang dimajukan 2 (dua) hari lebih awal dari jadwal semula.

Dari sejumlah paparan yang disampaikan para Ketua Bidang, diketahui Panitia Lokal yang diketuai oleh Kepala Dinas Syariat Islam tersebut, telah siap menerima kehadiran Kafilah PTQ RRI dari seluruh Indonesia dan berusaha memberikan pelayanan terbaik selama perhelatan tahunan oleh RRI Pusat itu berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah.

“Alhamdulillah kita sama-sama telah mendengarkan dan mengetahui perkembangan kesiapan kita dalam menggelar kegiatan berskala nasional ini. Tentunya harapan kita, semuanya dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan,” ujar Subhandhy.

“Tapi perlu kami ingatkan, bilamana terdapat hal-hal yang perlu dikoordinasikan lebih lanjut, agar dapat menghadap kepada kami dan Bapak Bupati.” Tegas Sekda Subhandhy. (IMH/ ProkopimAT).