Home Event Sanggar Seni Renggali Juara Pertama Parade Musik Daerah di TMII

Sanggar Seni Renggali Juara Pertama Parade Musik Daerah di TMII

23

Jakarta, tanohgayo.com – Sanggar Seni Renggali Aceh Tengah  berhasil meraih juara Pertama di ajang Parade Musik Daerah ke-8 yang diselenggarakan di gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jum’at (13/9/2019).

Sanggar renggali Aceh Tengah yang mewakili Provinsi Aceh tersebut menampilkan kesenian musik entik yang berasal dari dataran tinggi Gayo.

Pelaksana Tugas Harian (Plh) Direktur Penelitian Pengembangan Budaya TMII, Digit Gunardjo, mengatakan parade musik daerah adalah kegiatan berskala Nasional, yang digelar setiap tahun.

“Kegiatan Parade Musik Daerah sebagai perwujudan dari visi dan misi dalam rangka pelestarian potensi Budaya Bangsa sekaligus penguatan fungsi TMII sebagai lembaga pelestarian budaya bangsa,” katanya.

Parade musik daerah TMII tahun 2019 diikuti 12 Provinsi, diantaranya Bengkulu, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua Barat, Aceh, Kalimantan Selatan, Jambi Sumatera Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan TMII sebagai ruang ekspresi pelestarian budaya, sangat mendukung aktivitas seniman untuk berkegiatan dan mengembangkan potensi musik baik berkegiatan di daerah melalui komunitas maupun sanggar seni.

Penampilan sanggar seni renggali di ajang parade musik daerah TMII dihadiri oleh beberapa perantau asal Aceh Tengah dan juga pegiat seni Gayo yang berdomisili di Jakarta sebagai bentuk dukungan mereka terhadap putra-putri Aceh Tengah yang datang ke Jakarta mewakili Provinsi Aceh menampilkan musik tradisional Gayo. (Gus)