Sekda BM: Peran Orang Tua Menanamkan Budaya Baca Sangat Penting

77

Redelong, tanohgayo.com- Sekda Drs. Haili Yoga. M.Si menghadiri acara Kampanye Membaca Se-Aceh Tahun 2021 di Gedung Olah Raga dan Seni Pemkab setempat, Selasa (02 Nopember 2021).

Kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) bekerjasama dengan DPK Bener Meriah untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca, cerdas, berkualitas, mandiri dan sejahtera.

Sekda Bener Meriah mengatakan peran orang tua dalam menanamkan budaya baca dalam keluarga juga sangat penting dilakukan dengan memberikan contoh dan akses bacaan agar gemar membaca. “Pembatasan penggunaan teknologi secara bijaksana untuk mengurangi pengaruh buruk yang mungkin dihadapi,” ujarnya.

Peran pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa harus didukung oleh semua komponen bangsa. “Sebab bagaimanapun juga membentuk SDM, generasi penerus bangsa khususnya generasi muda di Kabupaten Bener Meriah bukan pekerjaan mudah”, ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) DR. Edi Yandra,S.TP.,MSP menyampaikan untuk meningkatkan minat baca di Aceh, Pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh mendirikan perpustakaan yang dapat dijadikan tempat nyaman untuk membaca dilengkapi dengan fasilitas ruang  baca yang menarik.

“Perpustakaan juga menyediakan mobil perpustakaan keliling yang beropersi di sekolah-sekolah, taman baca dan tempat ramai lainnya, walau untuk sementara ini belum bisa beroperasi karena pandemic covid-19, dan mudah-mudahan kita do’akan covid-19 cepat berlalu dan kita akan kembali normal sebagaimana mestinya, karena hal ini dapat berdampak negatif pada perkembangan minat baca masyarakat khusunya anak-anak yang seharusnya dapat mengunjungi perpustakaan,” katanya. (SP/Ag)