Sekda Subhandhy Dampingi Perempuan Gayo Terima Anugerah Hari Kartini

207

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Subhandhy, AP, M.Si Mendampingi salah seorang Perempuan Gayo penerima Anugerah “Perempuan Berjasa dan Berprestasi” dari Pemerintah Aceh, pada acara puncak peringatan Hari Kartini Tahun 2022, yang berlangsung di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, pada Kamis (21/04/2022).

Berdasarkan rekomendasi Bupati Aceh Tengah, melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Tengah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Aceh Tengah, terpilihlah Dewi Purwati Rahmi Perempuan Asal Aceh Tengah sebagai penerima jasa bidang lingkungan hidup.

Penyerahan penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) untuk Aceh tersebut diserahkan langsung oleh Sekda Aceh, dr Taqwallah M.Kes, pada Dewi Purwati Rahmi serta 23 Perempuan Aceh lainnya dari kategori dan bidang berbeda yang ikut berkesempatan menerima penghargaan “Perempuan Berjasa dan Berprestasi” tahun ini.

Usai penyerahan Anugerah itu, Secara terpisah Sekda Aceh Tengah Subhandhy menjelaskan, keterwakilan Dewi Purwati Rahmi sebagai seorang perempuan dan ibu rumah tangga yang aktif penggerak mengajak perempuan lain untuk turut mengelola lingkungan hidup dan untuk peduli dengan pengelolaan sampah di Kabupaten Aceh Tengah.

“Saat ini, peran serta perempuan dalam menggerakkan sektor lingkungan hidup menjadi sangat penting terutama dalam pemanfaatan dan pengelolaan sampah rumah tangga dan pemanfaatan lahan dan lingkungan sekitar”, Ujar Sekda Subhandhy yang hadir didampingi Ketua DWP Aceh Tengah Ummu Hanik.

“Beliau ini, dalam keseharian nya Bekerja aktif, sebagai penyortir sampah, antara sampah basah dan kering, dan aktifitas ini dilakukan dengan tidak digaji dan tidak mengharapkan imbalan di TPS atau Tempat Pembuangan Sementara,” Lanjutnya.

“Kami berharap dengan adanya penghargaan ini, dapat menjadi penyemangat bagi ibu Dewi dan juga Perempuan-Perempuan Gayo lainnya untuk terus mendedikasikan diri dalam berbagai bidang sesuai dengan fokus dan kapasitas nya, baik untuk pribadi dan untuk kemajuan daerah Aceh Tengah”, Harap Sekda Subhandhy.

Para perempuan penerima penghargaan pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se Aceh. Mereka menerima penghargaan karena dianggap berjasa dalam kategori dan bidang berbeda, yaitu Kesehatan, Sosial Budaya, Lingkungan Hidup, Pertanian, dan Pendidikan.

Secara Nasional Puncak Peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 ini juga mengagendakan Penyerahan penghargaan serupa, yang juga dapat diikuti hibrid melalui virtual zoom dari Istana Negara.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada kesempatan tersebut juga menyampaikan sambutan sekaligus menyerahkan penghargaan kepada 10 orang perwakilan yang berasal dari beberapa daerah terluar, terpencil, dan ibu kota negara Indonesia yang beruntung menerima penghargaan secara langsung di Istana Negara.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini merupakan momentum kebangkitan perempuan Indonesia melawan pandemi.

“Peringatan ini harus dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan Indonesia. Kebangkitan perempuan Indonesia melawan pandemi, kebangkitan perempuan Indonesia untuk pemulihan ekonomi sehingga kita bisa segera mewujudkan Indonesia maju sebagai cita-cita seluruh Perempuan Indonesia,” Ujar Iriana Jokowi secara virtual dari Istana Negara. (PR/SF)