Home Nasional Seorang Pasien di RSU Datu Beru Status ODP

Seorang Pasien di RSU Datu Beru Status ODP

135

Takengon, tanohgayo.com- Salah seorang warga Aceh Tengah berstatus ODP (orang dalam pemantauan) virus Corona (Covid -19) dirawat di RSU Datu Beru Takengon. Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja pembahasan terkait pencegahan penyebaran virus Corona antara pihak eksekutif dengan legislatif di ruang sidang DPRK, Rabu (18 Maret 2020).

Sebelumnya, hal itu terungkap saaat Muchsin Hasan Ketua Fraksi Golkar DPRK Aceh Tengah meminta klarifikasi pihak terkait adanya isu salah seorang diisolasi di RSU Datu Beru Takengon. “Supaya tidak menjadi kekhawatiran, kami minta klarifikasi terkait isu adanya salah seorang warga yang terpapar virus Corona,” kata Muchsin.

Menjawab hal tersebut, dr. Lutfi Wakil Direktur RSU Datu Beru memberi penjelasan. Bahwa salah seorang warga yang sedang mendapat perawatan hanya terindikasi belum terpapar virus Corona.

“Pasien tersebut memeuhi kriteria ODP, karena mengalami demam lebih dari tiga hari, batuk, sesak nafas, dan ada riwayat perjalanan ke luar daerah,” kata dr. Lutfi.

Jelas Lutfi, bila ada warga yang status terpapar virus Corona maka akan masuk dalam kategori PDP ( Pasien dalam Pengawasan).

Sejak hari Mingu, (15 Maret 2020) lalu, salah seorang warga berstatus ODP sudah mendapat perawatan. Kondisi kesehatan terus menunjukan progres kemajuan yang baik.  “Kemajuan progres kesehatannya semakin baik. Jadi belum bisa masuk kategori suspect tapi masih bronghitis.” ungkap Lutfi.

 

Ungkap Lutfi, pihak RSU Datu Beru telah menyiapkan emat kamar untuk antisipasi penanganan virus Corona. Dua kama untuk pasien status ODP dan dua kamar untuk PDP. (wyra)