Shabela: Jangan Anggap Remeh Tugas Satpam

Spread the love

Takengon– Kebutuhan rasa aman dalam masyarakat tidak bisa diemban oleh Polri semata, keberadaan Satuan Pengamanan (Satpam) juga diperlukan untuk membantu tugas Polisi.

Demikian diungkapkan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, usai menjadi Inspektur Upacara HUT ke 37 Satpam di markas Polres Aceh Tengah, Kamis, 4 Januari 2018.

“Jangan anggap remeh tugas Satpam, karena kehadirannya diperlukan untuk membantu tugas-tugas kepolisian dalam memberi rasa aman kepada masyarakat,” kata Shabela.

Menurutnya Shabela fungsi Satpam sangat berperan dalam menjaga sentra-sentra ekonomi rakyat, seperti pusat perbelanjaan, Rumah Sakit, Sekolah, Bank, serta tempat pelayanan masyarakat lainnya.

Peringatan hari ulang tahun Satpam, diharapkan Shabela menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja, sekaligus refleksi pemuliaan profesi satuan pengamanan, sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya.

Melalui fungsi kepolisian yang terbatas, menurut Shabela personil Satpam harus mampu mendeteksi potensi gangguan keamanan.

“Satpam dituntut untuk bisa melakukan upaya pencegahan potensi gangguan keamanan, melakukan upaya pencegahan, menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada petugas kepolisian, atau melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara,” ucap Shabela.

Turut hadir dalam peringatan HUT Satpam hari itu, Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hairajadi dan unsur Forkopimda lainnya, disertai pasukan TNI/Polri, Satpol PP, Senkom, dan sejumlah Satpam yang selama ini bertugas di berbagai lembaga.

Kasat Binmas Polres Aceh Tengah, AKP. Suwarno, S. Sos mengatakan seharusnya HUT Satpam diperingati pada 30 Desember 2017 lalu, namun karena bertepatan dengan banyaknya agenda daerah pada waktu bersamaan hingga pelaksanaanya dimundurkan.

“Selain upacara sebagai acara inti, HUT Satpam kali ini juga di isi dengan peragaan Driil Borgol dan tongkat, serta penampilan Didong dari personil Satpam,” kata Suwarno.

Ditambahkan Suwarno, pihaknya juga menyalurkan Sembako kepada dua panti asuhan serta pemberian apresiasi kepada personil Satpam yang dinilai berkinerja baik sepanjang tahun 2017. (MK)