Home Aparatur Target 300 Ribu Masker Kain, 200 Ribu Segera Dibagikan

Target 300 Ribu Masker Kain, 200 Ribu Segera Dibagikan

34
Jayusman, Kadinkes Aceh Tengah

Takengon, tanohgayo.com– Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Aceh Tengah, Jayusman, S.KM menyatakan segera membagikan masker kain untuk masyarakat guna pencegahan Covid 19. Hal tersebut diutarakan dalam keterangan pers, Rabu (10 Juni 2020).

Dari program 300 ribu masker dengan total anggaran Rp 2.1 Milyar, saat ini sudah siap tersedia 200 ribu, dimana satu masker dianggarkan Rp 7.000.  “Sudah tersedia 200 ribu, sisanya tengah dikerjakan. Mungkin minggu depan kita sudah bagikan, lewat Camat kemudian ke kampung,” kata Jayusman.

Dalam pengerjaan pembuatan masker kain, Dinas Kesehatan memperdayaan  tenaga lokal. Sekitar 20 unit kelompok yang diberdayaan, sehingga masing-masing ada yang mengerjakan hingga 5.000 masker.

“Kalau di industri, sebentar saja sudah selesai. Namun, kita tidak lakukan itu, mengapa? Seperti perintah Bupati, yang diinginkan memanfaatkan pekerja lokal, agar income masyarakat di tengah Covid ini bisa stabil,” katanya.

Pembagian masker yang segera dilaksanakan, jelas Jayusman, guna untuk menuju persiapan tatanan new normal. Dimana dalam persiapan draft yang akan diajukan, akan ada sanksi bagi yang tidak menggunakan masker di tempat umum.

“Akan ada sanksi tegas apabila ada yang tidak menggenakan masker di tempat keramaian. Nantinya akan diberlakukan setelah keluarnya Peraturan Bupati (Perbup),” pungkas Jayusman. (WR)