Home Aparatur Tiga Fraksi Pendukung Shafda

Tiga Fraksi Pendukung Shafda

97

Takengon, tanohgayo.com– Sejumlah partai politik terus melakukan komunikasi politik hingga pembentukan tata tertib, dan pembentukan alat kelengkapan di DPRK Aceh Tengah. Salah satu yang sudah disepakati beberapa partai yaitu pembentukan fraksi. Fraksi penuh (memiliki jumlah minimal kursi) Golkar, PDI Perjuangan dan Fraksi Gerindra.

Fraksi Golkar memiliki 9 (sembilan) kursi setelah ada tambahan 2 kursi dari PPP dan 3 kursi Partai Demokrat.  Sementara PKS bergabung ke Fraksi Gerindra dengan total 6 kursi. Sementara Hanura (1 kursi) bergabung dengan PDI Perjuangan dengan total 6 kursi.

Dari tiga fraksi tersebut, mereka bersepakat dan telah mendeklarasikan pembentukan koalisi yang disebut Koalisi Maju Bersama.

“Masing-masing sudah ada fraksi penuh, yang bisa berdiri sendiri karena minimal jumlah kursi sudah terpenuhi. Kemudian kita dari 7 partai, 21 kursi di DPRK,  sepakat membuat koalisi untuk mendukung pemerintah (Shafda),” jelas Ismail aman Nir Ketua Partai Demokrat, Selasa (3 September 2019).

Hingga kini masih santer komunikasi politik dari beberapa partai yang belum menentukan sikap untuk membentuk satu fraksi atau bergabung dengan fraksi penuh yang sudah ada. Partai yang belum menentukan fraksi, Partai Nasdem (3 kursi), PAN (2 Kursi), PA (1 Kursi), Berkarya (1 kursi), dan PKB (2 Kursi). (wyra)