Home Seputar Gayo Tiga Siswa Racik Hand Sanitizer, Kini Banjir Pesanan

Tiga Siswa Racik Hand Sanitizer, Kini Banjir Pesanan

8

Takengon, tanohgayo.com-maraknya isu penyebaran virus Corona menjadi motivasi beberapa siswa untuk meracik Hand Sanitizer. Salah satunya dilakukan beberapa siswi SMAN 4 Takengon.

Hand Sanitizer hasil racikan siswi SMAN 4 Takengon itu kini banyak diminati dan dipesan. “Pesanan ada juga dari kantor-kantor yang ada di Aceh Tengah dan masyarakat yang ada diseputaran sekolah,” kata Kepala Sekolah SMAN 4 Takengon Drs. Ali Makhudi melalui sambungan selulernya, Minggu (22 Maret 2020).

Inovasi yang bersumber dari ekstrak daun sirih diracik oleh Ike Simampat Suji, Ifadatun Syamila Fahma dan Nisrima Redukmi di Laboratorium Sekolah untuk memenuhi pesanan konsumen.

Harga per botolnya dijual berkisar antara Rp.13.000. “Kendala saat ini adalah proses penyulingan yang membutuhkan waktu lama, begitupun kemasan botol dan alkohol saat ini semakin langka,” kata Kepala Sekolah Ali Makhudi.

Kreativitas ketiga siswi itu harus jalan dan tidak putus di tengah jalan. Apapun upaya katanya akan terus diusahakan kendala yang mereka hadapi.

“Intinya, potensi, kreativitas yang mereka miliki tidak putus di tengah jalan. Manfaatkan sebaik mungkin, karena kesempatan sukses akan terbuka lebar dengan memiliki daya kreativitas, kalian masih muda, kesempatan jauh lebih besar dibandingkan ketika sudah memasuki usia tua, maka dari itu, sangat disayangkan apabila waktu muda dihabiskan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat,” tutup Ali Makhudi menyemangati anak didiknya itu.

Untuk diketahui, Siswi SMAN 4 Takengon yang mencetuskan inovasi hand sanitizer dari ekstrak daun sirih itu berhasi boyong juara 2 produk inovasi di Unsyiah Banda Aceh diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Aceh beberapa waktu lalu. (SP/DD)