Apa itu e-Kinerja dan e-Sakip di Bener Meriah

90

Redelong, tanohgayo.com– Sekretaris Daerah (Sekda) Bener Meriah Drs. Haili Yoga. M.Si memimpin rapat tentang Penyusunan Dasar e-Kinerja dan e-Sakip bersama tim Ahli Dinas Kominfo di ruang kerja Sekda, Senin (1/11/2021).

e-Sakip adalah aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupten Bener Meriah dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kinerjanya.

“e-Sakip salah satu bentuk pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil,” jelas Haili Yoga.

Sedangkan e-Kinerja merupakan sistem pengelolaan kepegawaian yang berbasis aplikasi yang dapat mengukur serta menilai kinerja para ASN secara elektronik sehingga aktifitas dan pekerjaan para ASN sesuai dengan tingkat kinerjanya, yang akan menentukan gaji setiap pegawai.

Dalam rangka mewujudkan itu semua, Pemkab Bener Meriah menyusun road map sebagai rencana kerja rinci dan berkelanjutan yang menggambarkan pelaksanaan reformasi birokrasi, sekaligus sebagai alat bantu bagi pemkab untuk mencapai tujuan penyelesaian kegiatan-kegiatan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, yang mendukung akselerasi pencapaian visi dan misi Pemkab Bener Meriah. (SP/Ag)