Atlet Binaan KONI Aceh Rebut Medali Kejuraan Anggar Internasional Malaysia

237

Kuala Lumpur – Atlet binaan KONI Aceh pada Program pemusatan latihan daerah (Pelatda) berhasil meraih medali perak di Kejuaraan Anggar Internasional Malaysia Open Fencing Championship (MOFC) yang berlangsung dari tanggal 25-28 Agustus 2022 di Tan Sri Hamzah Arena, Kuala Lumpur.

Raihan medali perak tersebut dipersembahkan oleh Elvanda Cantika Putri yang bertanding di Nomol Sabel Putri Perorangan.

Ella—sapaan akrab Elvanda Cantika Putri—merupakan atlet peraih medali perunggu pada PON XX Tahun 2021 lalu di Papua, dan Timnas Anggar Indonesia pada SEA Games Vietnam 2021.

Bertanding di Tan Sri Hamzah Arena, Ella tampi percaya diri dan penuh semangat.

Di babak semi final, Ella tampil agresif dan berhasil unggul atas lawannya, atlet asal Singapura atas nama Siva Khumar Thhivya Ashti. Kemenangan itu membut Ella berhak atas tiket final menghadapi atlet asal Thailand, Somphao Ari sara.

Sama seperti di babak-babak sebelumnya, Ella tampil penuh semangat dan percaya diri.

Pun begitu, Ella harus mengakui keunggulan lawan tandingnya. Ia harus puas dengan capaian medali perak.

Ketua Umum IKASI Aceh, M. Nasir Syamaun MPA yang turut hadir langsung di arena pertandingan mengaku puas atas capaian yang diraih oleh para atletnya.

Sebagai informasi, MOFC tahun 2022 diikuti oleh para fencer (sebutan untuk atlet anggar) dari berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk juga India, China, dan beberapa negara lainnya.

“Keikursertaan kita di ajang MOFC ini adalah bagian dari persiapan menuju Kejurnas pada Oktober nanti,” kata M. Nasir, Senin 29 Agustus 2022.

Ia juga menambahkan, hasil Kejuaraan Internasional di Malaysia akan dijadikan bahan evaluasi menuju Kejurnas. “Kita masih punya waktu dua bulan lagi untuk melakukakan persiapan agar capaian di Kejurnas nanti benar-benar maksimal,” kata M. Nasir.[]