Atlet Binaan KONI Aceh Tambah Medali untuk Indonesia di SEA Games Vietnam

524

Hanoi – Atlet binaan KONI Aceh yang tergabung dalam Tim Nasional (Timnas) di SEA Games Vietnam kembali menambah pundi-pundi medali bagi Kontingen Indonesia.

Medali tersebut dipersembahkan oleh lifter putri asal Aceh atas nama Nurul Akmal.

Ia berhasil meraih medali perak di ajang olahraga terbesar negara-negara Asia Tenggara untuk cabang angkat besi. Kepastian tersebut setelah Amel—sapaan akrab Nurul Akmal—mencatatkan total angkatan 252 kg di final angkat besi nomor +71 kg, saat bertanding pada Minggu 22 Mei 2022, di Hanoi Sports Training and Competition Center

Sementara medali emas diraih oleh atlet asal Thailand Chaidee Duangaksorn dengan total angkatan 279 kg.

Amel merupakan atlet binaan KONI Aceh peraih medali emas pada PON XX tahun 2021, Papua. Saat ini ia termasuk penghuni program Pemusatan latihan derah (Pelatda) KONI Aceh tahun 2022.

Dara asal Serba Jaman Tunong, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara tersebut telah mencatatkan banyak prestasi baik level nasional dan internasional. Pada PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, ia juga berhasil meraih medali emas dan memecahkan rekor nasional.

Pada Olimpiade Tokyo tahun 2021 lalu, Amel berhasil menembus ketatnya persaingan meraih tiket pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.[]