Buka Pelatihan Calon Entrepreneur Millennials, Subhandhy: Bangkitkan Semangat Wirausaha Dalam Masyarakat

96

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si, membuka pelatihan peningkatan pola pikir calon entrepreneur millennials yang diselenggarakan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab Aceh Tengah di Gedung Oproom Setdakab, Rabu (30/03/2022).

Dalam sambutannya, Sekda mengapresiasi inisiatif dari panitia yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan pelatihan dimaksud karena menurutnya kegiatan ini sangat positif dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia guna pelayanan investasi serta membangkitkan semangat wirausaha dalam masyarakat, terutama untuk kalangan pemuda di Kabupaten Aceh Tengah.

“Kegiatan seperti ini harus lebih sering dilaksanakan karena di negara-negara yang lebih maju kegiatan yang diisi oleh para motivator kewirausahaan seperti ini intensitasnya sangat tinggi”, ujar Subhandhy.

“Apalagi para peserta nanti dapat mendengar langsung penjelasan dari para narasumber atau praktisi wirausaha yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya selama ini”, imbuhnya.

Sekda berharap pengalaman para tokoh ini menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi para peserta dalam memahami, memulai atau menjalankan aktivitas wirausahanya nanti.

Secara umum suatu wilayah dikatakan maju dan masyarakatnya sejahtera apabila jumlah pewirausahanya bisa di atas 2% dibanding jumlah penduduk. Jika penduduk Aceh Tengah saat ini 200.000 jiwa maka minimal harus ada 4.000 pengusaha.

“Kita lihat sendiri, apakah pengusaha kita saat ini sudah ada 4.000 orang. Kalau tidak, maka masih banyak yang harus kita kerjakan untuk mencapai angka minimal tersebut dan peluangnya pun terbuka lebar, asal ada kemauan”, jelasnya.

Subhandhy menekankan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sampai dengan saat ini terus berkomitmen untuk menguatkan sektor ekonomi khususnya meningkatkan jumlah pewirausaha di Kabupaten berhawa sejuk itu.

“Kita akan buat lebih banyak pendidikan dan latihan kerja, untuk memberi bekal keahlian bagi masyarakat agar mampu menjalankan usaha masing-masing secara mandiri maupun berkelompok”, kata Subhandhy.

Disamping melatih wirausahawan, pelatihan ini diharapkan Subhandhy bisa dijadikan wadah bagi pengusaha yang sudah berhasil untuk berbagi pengalaman dan menarik lebih banyak pengusaha pemula mengikuti langkah menjadi lebih sukses.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Aceh Tengah, Arisa Putra,AR.SIP, dalam laporannya menyampaikan peserta kegiatan berjumlah 80 orang, baik lulusan S1 maupun S2 dari 19 Universitas di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Arisa Putra menyampaikan dalam berwirausaha, apabila mampu melewati semua rintangan dan resiko untuk meluncurkan ide-ide baru maka pewirausaha itu bisa mendominasi karena idenya unik dan menarik.

“Untuk itulah kegiatan ini dirasa penting untuk kita laksanakan”, ucapnya. (KS/ProkopimAT)