Disdukcapil Aceh Tengah Gunakan Absensi Berbasis GPS

155
Seorang ASN Dinas Dukcapil Aceh Tengah ketika melakukan Absensi menggunakan Aplikasi
Takengon, tanohgayo.com-Untuk meningkatkan disiplin ASN atau karyawan, Dinas Dukcapil memanfaatkan teknologi digital melalui sistem absensi berbasis GPS (Global Positioning System) untuk memastikan kehadiran seluruh karyawan selama melayani di kantor.
Dinas Dukcapil Aceh Tengah terus berinovasi, untuk menjadikan bagian dari semangat kerja, mulai dari pembenahan kantor hingga sistem layanan yang lebih baik.
“Sistem absensi berbasis GPS sangat memudahkan bagi karyawan dan manajemen kantor dapat memantau secara cepat dan tepat tingkat kehadiran karyawan,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Rabu (02 Juni 2021).
Lebih rinci, cara kerja sistem absensi yang diterapkan oleh Dinas Dukcapil berupa aplikasi yang terlebih dahulu diunduh oleh seluruh karyawan, selanjutnya setiap karyawan cukup melakukan swafoto wajah dan  sidik jari menggunakan Handphone masing-masing di lokasi kantor saat tiba dan pulang kantor sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan.
Sistem absensi berbasis GPS terbukti sangat akurat daripada cara kerja absensi manual dan data yang dihasilkan pun mudah direkapitulasi, selain itu sistem tersebut sangat penting untuk memberi rasa keadilan bagi seluruh karyawan.
Data kehadiran karyawan yang dihasilkan sistem absensi menjadi dasar utama penentuan pemilihan karyawan terbaik setiap bulan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil. Demikian pula sebaliknya menjadi dasar pemberian sanksi bagi karyawan yang kurang disiplin.
“Kedisiplinan karyawan sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan yang dihasilkan,” kata Mustafa.
Kedepan, pihaknya juga akan mengembangkan sistem absensi pindai wajah disertai dengan pindai suhu tubuh yang juga dapat digunakan oleh seluruh pengunjung kantor sebagai bagian dari upaya pencegahan Covid-19. (SP/AG)