FASI Aceh Tengah Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah PON XXI 2024

514

Takengon, tanohgayo.com- Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Kabupaten Aceh Tengah, menyatakan kesiapan untuk menjadi Venue atau tempat penyelenggara Cabang Olahraga Aero Sport pada perhelatan akbar PON XXI tahun 2024. Provinsi Aceh dan Sumatera Utara ditetapkan sebagai tuan rumah, setelah sebelumnya Irian Jaya pada PON XX tahun 2020. Hal ini disampaikan Ketua FASI Aceh Tengah, Letkol. Inf. Teddy Sofyan S.Sos, Senin (05/07/21).

Menurut Teddy, yang juga menjabat sebagai Dandim 0106 Aceh Tengah, kesiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Cabor Paralayang berdasarkan uji coba kelayakan terbang yang telah dilakukan oleh pihaknya melalui Club Pencinta Paralayang Aceh Tengah, Gayo Temerbang Paragliding Club selama beberapa kali dalam kurun waktu 2016 hingga 2019.

“Pernyataan bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XXI khusus untuk Cabor Paralayang ini kita sampaikan berdasarkan telah dilakukanya uji coba kelayakan terbang Paralayang selama beberapa kali oleh Club Pecinta Paralayang Aceh Tengah dalam beberapa even kegiatan baik parade maupun pagelaran,” ujar Teddy.

Menurut Teddy, berdasarkan informasi yang dia terima, selama kurun waktu 2016 sampai dengan 2019, telah beberapa kali dilakukan even Paralayang, baik berupa kegiatan parade maupun pagelaran Paralayang dengan melibatkan para pilot Paralayang profesional dari luar Aceh.

Berdasarkan hasil dari kegiatan tersebut, dicapailah rekomendasi yang diutarakan oleh para pilot Paralayang profesional, yang telah beberapa kali mengikuti even perlombaan Paralayang di tingkat Asia tersebut. Bahwa Aceh Tengah layak menjadi tempat penyelenggaraan perlombaan Aero Sport yang bukan hanya tingkat nasional dan Asia saja, melainkan sangat layak untuk tempat penyelenggaraan olahraga Aero Sport bertaraf internasional.

“Kalau Aceh Tengah layak untuk diadakan even olahraga Aero Sport bertaraf internasional, kalau even internasional saja layak, tentu untuk taraf PON saya rasa juga sangat layak,” tambah Teddy.

Secara terpisah, Ketua Club pecinta paralayang Aceh Tengah, Gayo Temerbang Paragliding Club mengakui sudah beberapa kali mengadakan kegiatan even paralayang bertajuk pagelaran dan parade yang melibatkan beberapa pilot profesional dari luar Aceh.

“Kita sudah beberapa kali mengundang pilot Paralayang dari luar Aceh, seperti Heri Suseno, Sahrul, Danta dan Cimin, dimana mereka adalah para pilot yang jam terbangnya sudah sampai ke even tingkat Asia, dan menurut mereka alam Takengon sangat mendukung untuk penyelenggaraan kegiatan Aero Sport yang berkelas setaraf internasional,” ujar Robby.

Jelas Robby, berdasarkan kajian beberapa faktor pendukung, diantaranya ketinggian tempat take off dari permukaan tanah yang mencukupi, banyaknya pilihan lokasi membuat banyak pilihan pengambilan arah angin yang tepat pada saat melakukan take off. Jarak lokasi take off dan landing yang sangat dekat dengan kota, jarak bandara dengan kota Takengon dan juga ketersediaan hotel dan penginapan di daerah.

Keindahan panorama daerah penghasil kopi arabika dengan kualitas terbaik di dunia ini, sangat layak untuk disaksikan oleh para peserta maupun para pengunjung kegiatan tersebut nantinya.

“Rekomendasi mereka tentu berdasarkan kajian-kajian yang telah dilakukan selama beberapa kali melakukan uji coba dibeberapa tempat. Mereka puas dan merasa ini adalah sebuah potensi besar buat Aceh Tengah yang notabenenya adalah tempat yang penuh dengan destinasi wisata,” kata Robby. (SP/AG)