Gugus Tugas: Perlunya Peran Relawan Covid 19 di Kampung dan Semua Pihak

69
 Ishak, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19, Sabtu (28 Maret 2020).

Takengon, tanohgayo.com- Peran relawan Covid 19 di kampung-kampung perlu diaktifkan kembali. Hal itu disampaikan Ketua Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tengah, Drs. Ishak, saat konferensi pers, Jum’at (7 Agustus 2020).

Peran relawan Covid 19 di kampung guna memantau pergerakan orang yang keluar masuk ke kampung tersebut. Karena dibutuhkan peran semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Gugus Tugas tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada peran dari masyarakat,” kata Ishak.

Selain peran relawan covid 19, saat ini Pemkab Aceh Tengah masih mengaktifkan empat pos pantau di perbatasan. Namun, masih ada orang yang lolos dari pemantauan, mereka melakukan berbagai cara untuk lolos dari pemeriksaan.

Lain itu, Ishak juga menghimbau warga untuk tidak mengucilkan keluarga pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Bahwa ada pihak yang melakukan penolakan terhadap keluarga yang sudah positif Covid-19, seharusnya tidak perlu terjadi.

“Kita tahu tindakan itu merupakan bentuk kepedulian warga, hanya saja cara seperti itu sangat disayangkan. Mari kita berikan dukungan dan semangat kepada mereka, bukan malah dikucilkan, karena virus ini bisa tertular kepada siapa saja, yang penting bagi kita menjaga diri dan patuhi protokol kesehatan,” demikian Drs. Ishak. (AG)