Jelang Libur Idul Fitri 1442 H, Presiden Intruksikan Kepala Daerah Terkait Covid-19 dan Upaya Pemilihan Ekonomi

48

Takengon, tanohgayo.com – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar bersama Forkopimda, sekretaris daerah dan para Asisten, mengikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui Video Conference (Vidcon), di Aula Opr. Room Setdakab. Aceh Tengah, Rabu (28/04/2021).

Presiden Joko Widodo yang didampingi Wapres Ma’ruf Amin dalam arahannya, menginstruksikan kepada semua Kepala Daerah agar fokus untuk memperhatikan beberapa hal terkait dengan upaya pencegahan penularan Covid-19 menjelang libur Idul Fitri 1442 H juga upaya-upaya untuk pemilihan ekonomi ditengah-tengah gelombang pandemi Covid-19.

Diingatkannya, pemerintah daerah harus berhati-hati dan waspada menghadapi libur panjang Idul Fitri yang dikhawatirkan dapat menjadi klaster baru dalam penyebaran Virus Covid-19, untuk itu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan harus diperketat di daerah masing-masing.

Disamping itu dia juga mengingatkan, agar program vaksinasi harus berjalan sesuai dengan target yang direncanakan. “Jangan ada vaksin yang distok. Segera disuntikan kepada masyarakat sesuai dengan target prioritas,” tegas Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa saat ini pemerintah masih fokus pada pemulihan ekonomi dan kesehatan. Dikatakannya, pada bulan Maret kemarin perkembangan perekonomian Indonesia sudah mulai menuju tren normal.

“Kalau goncangan ini (pandemi) bisa kita atasi, pada kuartal kedua ekonomi kita bisa tumbuh diatas 7%,” ujarnya.

Terkait dengan peningkatan ekonomi di daerah, Jokowi juga menginstruksikan agar Pemerintah Daerah segera meningkatkan fasilitasi dan kemudahan Investasi didaerah berikut perbaikan pelayanan terutama perizinan. Disamping juga untuk mengoptimalkan belanja pemerintah agar uang beredar dimasyarakat dapat menggerakan ekonomi daerah.

“Masalah investasi, permudah pelayanan terutama perizinan. Realisasi belanja pemerintah daerah harus disegerakan, baik belanja aparatur atau belanja modal,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Bupati Shabela Abubakar usai mengikuti rapat tersebut mengatakan akan segera menindaklanjuti instruksi dan arahan dari Presiden Joko Widodo. “Secepatnya kita akan melakukan langkah langkah strategis apa yang akan kita lakukan, tentunya bersama-sama Forkopimda,” ujar Shabela didampingi Kapolres dan Kajari serta wakil dari Kodim 0106, Pengadilan Negeri dan DPRK Aceh Tengah.

Tak lupa, Bupati Shabela juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan ikut berkontribusi dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, dengan mematuhi anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan. (RL/AG)