Jubir SATGAS: RS Rujukan Andalan Aceh Atasi Corona

72
Salah satu unit Faskes andalan RI, dokter dan tim paramedis Puskesmas dinilai punya peran strategis cegah dini penyebaran pandemi virus Corona-19./Foto. Agus RB

Aceh Besar, Tanohgayo.com – Kabupaten Kota di Aceh diinstruksikan menyiagakan petugas medis berikut sarana prasarana, ruang isolasi dan rawat inap yang guna mengatasi dan menolong warga yang terinfeksi Corona.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani (SAG) dihubingi lewat ponsel mengatakan di Banda Aceh, bahwa rumah sakit rujukan telah dilengkapi ruang isolasi dan rawat inap da menjadi kewajiban Kabupaten Kota dalam penanagan pandemi.

“Rumah Sakit rujukan ditunjuk Kemenkes dan berdasar SK Gubernur , sejak Agustus 2020 lalu ada kewajiban daerah RSUD rujukan menyediakan 10 persen ruang inap yang ada untuk penanganan pasien covid 19,” papar SAG.

SAG menjelaskan, diwajibkan bagi Kabupaten Kota menyediakan tempat isolasi guna mempercepat pertolongan pasien positif atau OTG.

“Orang tanpa gejala (OTG) segera ditangani, dan harapannya bagi orang dengan peningkatan simtomatik, mereka bisa segera tertolong,”pungkas SAG.

Dari 23 kabupaten kota , Aceh baru-baru ini menetapkan sedikitnya 15 RS rujukan antara lain, RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh , RS. Cut Mutia Lhokseumawe , RSUD Dr. FAUZIAH Bireuen, RSUD Datu Beru Aceh Tengah, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute Kabupaten Bener Meriah.

Upaya Pemkab Aceh Tengah

Kabupaten Aceh Tengah dikutip acehtengahkab.go.id berupaya memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran, dengan dukungan sarana prasarana lengkap khususnya dalam masa percepatan penanganan Corona virus disease (Covid-19) ini, terutama mengoptimalkan gugus tugas pencegahan, penyediaan ruang isolasi bagi pasien ODP sekaligus menyiapkan tenaga medis yang cukup dan handal.

Pemkab Aceh Tengah mengupayakan pengadaan skrining tes virus corona yang memadai, namun semua harus didukung oleh kesadaran masyarakat untuk lebih waspada dan mematuhi himbauan dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kasus Positif Aceh Tengah

Sementara itu, untuk kasus positif Corona pekan ini, kembali terjadi penambahan kasus sebanyak 12 orang, 6 kasus yang terkonfirmasi, seorang diantarnya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah.

Sebelumnya Aceh Tengah terdapat 152 kasus, dengan penambahan kasus sebanyak 12 orang, maka menjadi 164 kasus, dengan tingkat kesembuhan sebanyak 144 orang.

Untuk Provinsi Aceh secra akumulatif, kasus COVID-19 mencapai 8.224 orang, 6.821 orang telah sembuh, 1.109 orang masih dirawat di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri dan 314 warga meninggal dunia. (Agus Rahmad B)

#PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun adalah perilaku kunci minimalkan risiko tertular COVID-19. Disiplinkan diri, ingatkan orang lain. covid19.go.id