Kejuaraan Panahan Piala Bupati Aceh Tengah Diharap Lahirkan Atlet ke Tingkat Nasional

127
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar , Jum’at (22/10/2021) di Tribun Utama Lapangan Musara Alun Takengon

Takengon, tanohgayo.com– Open Tournament Kejuaraan Panahan Piala Bupati Aceh Tengah 2021 resmi dibuka oleh Bupati Shabela Abubakar, Jum’at (22/10/2021) di Tribun Utama Lapangan Musara Alun Takengon.

Kejuaraan panahan yang untuk pertama kalinya digelar d ikabupaten penghasil kopi arabika terbaik di dunia itu, diikuti lebih dari 110 orang peserta dari berbagai klub panahan di Kabupaten Aceh Tengah dan luar kabupaten seperti Bireuen dan Lhokseumawe.

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Aceh Tengah, Syamsuddin dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya kompetisi panahan Bupati Cup ini untuk mengenalkan secara lebih luas cabang olahraga panahan sekaligus menjaring bakat calon atlet untuk mewakili daerah.

Disebutkannya, meskipun olahraga ini baru populer ditengah-tengah masyarakat Aceh Tengah, namun beberapa waktu kebelakang geliat perkembangan olahraga ini terlihat mulai semarak, terutama dari kalangan kelompok generasi Islam, mengingat olahraga memanah termasuk sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah.

“Dengan adanya event ini, kita upayakan akan ada even yang lebih besar lagi, mengingat olahraga ini termasuk olah raga sunah,” ujar Ketua Perpani yang juga Anggota DPRK Aceh Tengah.

Ditempat yang sama, Plt. Kadis Dispora Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya sepenuhnya memberi dukungan guna pengembangan olahraga panahan di kabupaten berhawa sejuk itu.

Bahkan menurutnya, olahraga panahan memiliki prospek yang menjanjikan bila dikembangkan didaerah ini, terutama sekali untuk cabang panahan berkuda. “Nanti pada Sabtu mendatang, kita akan lakukan ujicoba olah raga panahan berkuda, bersamaan dengan latihan bersama pacuan kuda di lapangan Belang Bebangka Pegasing,” Kata Zulfan.

Sementara itu, Bupati Shabela Abubakar sesaat sebelum membuka Turnamen menyampaikan apresiasinya terhadap segenap pengurus cabang Perpani, KONI dan Dispora, karena menurutnya event yang dinilai baru di Kabupaten Aceh Tengah tersebut mampu diselenggarakan dan menyedot perhatian banyak pihak, meskipun dengan sarana dan prasarana yang dinilai terbatas.

“Saya berikan apresiasi kepada Pengurus Perpani, KONI dan juga Dispora yang dapat menyelenggarakan event seperti ini meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang kita miliki,” puji Shabela.

Untuk itu Shabela berharap agar event Kejuaran Panahan Bupati Cup tahun 2021 tersebut dapat mengenalkan lebih luas cabang olahraga ini, dan juga dapat melahirkan bibit-bibit atlet panahan yang berbakat sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Aceh Tengah di kancah Nasional hingga Internasional dikemudian hari.

“Melalui turnamen seperti ini dapat menjadi stimulan untuk lebih memasyarakatkan olahraga panahan. Melalui turnamen ini juga nantinya diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet handal yang mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi,” harapnya.

Pada kejuaran panahan Bupati Aceh Tengah Cup 2021 kali ini, terdapat 8 (delapan) kategori yang dilombakan baik dari pengelompokan usia dan jenis kelamin, juga berdasarkan kategori tradisional barebow jarak 10, 20 dan 50 meter. (RL/AG)