Kejurnas Anggar 2022, Atlet Binaan KONI Aceh Rebut 10 Medali

106

Jakarta – Tim Anggar binaan KONI Aceh sukses meraih prestasi gemilang pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tahun 2022, yang berlangsung di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur.

Dari kejuaraan yang digelar mulai tanggal 27 Oktober hingga 3 November 2022 tersebut, para fencer—sebutan untuk atlet anggar—Aceh berhasil meraih total 10 medali, masing-masing dua medali emas, satu perak, dan tujuh perunggu.

Capaian itu menempatkan Tim Aceh pada posisi lima besar Kejurnas Anggar tahun ini, yang diikuti oleh 620 atlet putra dan putri se-Indonesia.

Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Aceh, M. Nasir Syamaun MPA mengaku cukup berbangga atas capaian yang diraih para atlet yang selama ini secara ketat menjalani program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) KONI Aceh tahun 2022.

“Meski begitu, kita ingin hasil yang lebih maksimal ke depannya, terutama dalam rangka menghadapi PON XXI tahun 2024. Untuk itu, kita akan melakukan evaluasi secara menyeluruh hasil Kejurnas kali ini,” kata M. Nasir, Jumat 4 November 2022.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada KONI Aceh yang telah memberikan fasilitas pembinaan bagi, yang memang tengah disiapkan untuk menghadapi PON XXI tahun 2024 mendatang. “Dan terimakasih juga telah memfasilitasi keberangkatan para atlet menuju Kejurnas Anggar tahun 2022.”

Sekretaris Umum IKASI Aceh, Husaini, merincikan masing-masing medali yang diraih tersebut yaitu, satu medali emas di nomor perorangan putri oleh Bifani Ivana Cordelea, dan satu medali emas di nomor floret junior putra oleh Rio Aditia.

Sementara satu medali perak direbut oleh Ody Tasmara dari nomor degen perorangan putra.

Sedangkan medali perunggu masing-masing dipersembahkan oleh, Ummi Nadra nomor sabel perorangan putri, Adela Putri Yonanda nomor degen perorangan putri, Bifani Ivana Cordelea nomor sabel perorangan putri, Saidi Nanda Mulkan nomor sabel perorangan putra, dan Rio Aditia nomor floret putra.

Kemudian dari nomor floret beregu putra oleh Irwan Tona, Yudi Anggara Putra, Ridho Baskoro dan Rio Aditia, serta dari nomor sabel beregu putra oleh Indra Agus Setiawan, Saidi Nanda Mulkan dan Husnuel Yaqin Al Farishi.

Pada Kejurnas Anggar yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PB IKASI Agus Suparmanto ini, para atlet Aceh antaralain didamping oleh Darmawan selaku Manajer Tim, para pelatih yaitu Fathullah (pelatih sabel putri), Husaini (degen putra), Agus Salim (degen putri), Supiyan (floret putra), Ifansyah Putra (sabel putri), dan Mardani (floret putri).[]