Kemenag Aceh Launching Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya Bustanul Arifin Putra 2 Kabupaten Bener Meriah

517

Redelong, tanohgayo.com- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag melaunching Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya Bustanul Arifin Putra II di gedung Serbaguna Komplek Pesantren Bustanul Arifin Kampung Bale Atu Kecamatan Bukit, Rabu (16 Juni 2021).

Turut mendapingi Sekretaris Daerah (Sekda Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.si mewakili Plt. Bupati beserta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Hamdan, MA.

Sekda menyatkan Pemkab Bener Meriah akan dan selalu terus berupaya untuk membangun program pendidikan yang dimulai dari PAUD hingga ke tingkat remaja demi terwujudnya generasi yang cemerlang dan berprestasi dalam segala bidang ilmu.

Kebaradaan Madrasah Dinyiah Takmiliyah Ulya Bustanul Arifin Putra 2 ini merupakan wujud kesadaran terhadap pentingnya mempersiapkan generasi emas yang memiliki kompetensi, keterampilan serta pembentukan karakter melalui pemahaman agama yang baik.

Madrasah Diniyah, guna memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dipenuhi sepenuhnya dalam jalur pendidikan di sekolah umum. “Maka dari itu dengan adanya Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya Busatnul Arifin Putra 2 ini, kami ingin adanya pengajar seperti ustadz dan ustazah dari segi akademik atau keilmuannya memiliki pemahaman agama Islam yang luas dan tegas,” harap Sekda.

Sekda menyatakan, sebagai daerah yang berlandaskan syariat Islam dapat dipahami bahwa banyak orang tua yang menginginkan anaknya menimba ilmu di sekolah khusus yang berwawasan Islami yang dimulai sejak usia dini, baik dalam memperkuat ilmu Al-Qur’an, hadist, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan Islam, bahasa arab, dan praktek ibadah.

Kakanwil Kemenag Aceh menyatakan sangat mengharapkan untuk wilayah tengah juga harus ada program-program Ma’had ‘Aly yang merupakan satuan pendidikan tingkat tinggi keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan di pondok pesantren.

Tahun 2019, Madrasah Dinyiah Takmiliyah Ulya Bustanul Arifin Putra 2 telah dilaunching untuk putri dan tahun 2021 untuk putra. Kementerian Agama tidak membantu secara fisik tetapi secara tekhnis itu kewajiban dari kementerian Agama serta dalam bentuk penguatan.

Acar Launching Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya Bustanul Arifin Putra 2 tersebut ditandai dengan penyerahan izin dan SK Operasional dan pembukaan selubung papan nama. (RL/AG)