Mewakili Bupati, Asisten III Terima Kunker Pemko Sabang

199

Takengon-Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Arselan Abd Wahab menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota Sabang, Jum’at (11/03) bertempat di Gedung Operational Room kantor bupati setempat.

Kunjungan kerja yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja Tata Kelola Kepariwisataan Kota Sabang tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Sabang, Drs. Suradji Junus, dan hadir didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako, dan Kepala Dinas Pariwisata serta stakeholder pengelola kepariwisataan di Kota Sabang.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Sabang Suradji menyebutkan bahwa kunjungan kerja terbatas yang dilakukan pihaknya adalah dalam rangka sharing dan bertukar pengalaman dalam mengelola sektor pariwisata, serta ingin mempelajari bagaimana Kabupaten Aceh Tengah melakukan tata kelola pariwisata yang diketahui beberapa tahun kebelakang mengalami lompatan luar biasa sehingga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Aceh.

“Melihat capaian pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Aceh Tengah dewasa ini, kami ingin mendapatkan informasi langsung bagaimana langkah-langkah dan upaya Pemkab Aceh Tengah mengoptimalkan sektor ini, terutama dalam menggerakan masyarakatnya untuk terlibat aktif dalam mendukung kepariwisataan,” sebut Wawako Sabang, Suradji.

Dia juga berharap, melalui kunjungan kerja ini dapat memberikan wawasan dalam melakukan perencanaan pembangunan kepariwisataan khususnya dalam bidang partisipasi masyarakat, serta menemukan kebijakan terbaik dalam memajukan daya tarik sektor pariwisata kedua daerah yang ditetapkan sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Provinsi Aceh.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Arselan Abd Wahab dalam kapasitasnya mewakili Bupati Shabela, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas kunjungan kerja Pemerintah Kota Sabang untuk sharing tentang tata kelola dan pengembangan sektor pariwisata.

Menurutnya, adalah sebuah kehormatan bagi Pemkab Aceh Tengah mendapat kunjungan kerja dari daerah yang sektor pariwisatanya lebih dahulu maju bahkan mendapat pengakuan secara nasional.

“Kami merasa terhormat atas kunjungan ini. Dan tentusaja kita sama-sama berkeinginan, melalui kunjungan ini dapat membawa hubungan baik dalam hal bidang pariwisata dan saling bersinergi,” ujar Arselan.

Dihadapan rombongan Wawako Sabang, Asisten III itu menjelaskan bahwa pariwisata Kabupaten Aceh Tengah dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami peningkatan yang sangat pesat, tidak hanya dilihat dari segi fisik infrastruktur tetapi juga dari peningkatan daya tarik juga atraksi wisata serta peran masyarakat selaku subjek utama penggerak sektor pariwisata.

Dikatakan Arselan, program-program pembangunan dan kebijakan dalam pengembangan sektor pariwisata yang dilakukan selama ini telah berhasil memberikan daya ungkit tumbuhnya unit-unit pendukung pariwisata seperti akomodasi penginapan (hotel dan homestay) juga jasa pengelola pariwisata.

“Dan ini semua semakin berkembang karena dukungan masyarakat dengan komunitas sadar wisatanya. Merekalah yang selama ini proaktif melakukan inovasi dan kreatifitas, serta mempromosikan wisata.” Lugas Arselan.

Dalam pertemuan yang berjalan dengan penuh kehangatan dan keakraban tersebut, masing-masing Kepala Dinas Pariwisata dari dua daerah tersebut turut bertukar informasi dan memaparkan potensi pengembangan pariwisata dan kaitannya dengan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Selain itu, kedua daerah berjuluk DTW Unggulan di Provinsi Aceh tersebut juga sepakat untuk saling mempromosikan pariwisata masing-masing, khususnya bagi pengunjung dari luar Aceh. Mereka berkomitmen untuk mempromosikan ungkapan, “Berwisata di Aceh belumlah lengkap bila tidak berkunjung dan menikmati keindahan Pulau Weh di Sabang dan Tanoh Gayo di Takengon”. (IMH/ ProkopimAT).