Pasca Hari Raya, di Bener Meriah 15 Pasien Terkonfirmasi Positif Satu Meninggal

83

Redelong, tanohgayo.com– Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Bener Meriah Ilham Abdi mengumumkan secara tertulis, pasca lebaran terjadi penambahan baru 15 pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Bener Meriah, Selasa, (18 Mei 2021).

“Tadi malam (17/5) kami terima surat hasil RTC-PCR Balitbangkes Aceh. Dari 38 sampel swab yang dikirim, 15 orang dinyatakan positif covid,” kata Ilham Abdi.

Ilham menerangkan bahwa 38 sampel swab itu berasal dari para pasien yang masuk atau rawat inap di puskesmas dan rumah sakit di Bener Meriah. “Surveillants’ (pemantau) Kesehatan dari Puskemas-puskesmas terus aktif memantau dan tracing pasien yang punya gejala mengarah ke- covid-19. Ada juga dari RSUD Munyang Kute dan RS Azalia,” imbuh Ilham.

Tim Satgas memiliki sistem data terkait pasien reaktif covid-19. “Yang reaktif, maka kita sampaikan tersurat ke reje melalui camat, agar orang tersebut diisolasi dan dipantau oleh Satgas Tingkat Kampung,” Lebih lanjut, Ilham.

“Data tersebut mencakup berapa lama si A harus diisolasi, apa saja kebutuhan selama isolasi. Pasien tersebut juga terus dipantau puskesmas melalui bidan desa. Apabila menunjukkan gejala baru dan tidak cukup isolasi mandiri di rumah, akan dibawa ke RS,” papar Ilham.

Sementara itu, informasi terbaru yang diterima, seorang pasien reaktif covid-19 di RSUD Munyang Kute Bener Meriah meninggal dunia. Tim Satgas Penanganan Covid-19 Bener Meriah langsung mengambil tindakan menerapkan prokes dan koordinasi dengan Camat dan Reje setempat. Pemandian jenazah dilakukan di RSUD Munyang Kute dan penguburan dilakukan Tim Satgas Kabupaten.

Dengan pertambahan ini, total terkonfirmasi covid-19 di Bener Meriah sebanyak 49 pasien. Jumlah tersebut berdasarkan jumlah gelombang kedua sejak Jubir Satgas Penanganan Covid Bener Meriah umumkan pada pertengahan April 2021. (RL/AG)