Pelajar Bener Meriah Tampilkan Cerita Rakyat untuk Pelajar Tiga Negara

297

Redelong, tanohgayo.com-Pelajar SMK 5 Bener Meriah dan SMA terpadu Bustanul Ulum gelar teater yang mengangkat isu pandemik dan lingkungan hidup secara daring yang disaksikan oleh masyarakat dari tiga negara yaitu Indonesia, Filipina dan Jepang, Mingu (08/08/2021), bertempat di ruang belajar SMK 5, Kecamatan Permata.

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan serangkaian kegiatan teater yang di laksanakan di Banda Aceh pada tanggal 28 sampai dengan tanggal 30 bulan lalu.

Teater yang ditampilkan para siswa/siswi SMK itu merupakan cerita rakyat. Kegiatan teater tersebut seharusnya ditampilkan di Jepang sebagai tuan rumah, akan tetapi karena pandemi belum berakhir maka dilaksanakan secara daring oleh peserta dari tiga negara yang ikut berpartisipasi.

Plt. Bupati Bener Meriah, Dailami menyatakan hal tersebut salah satu upaya memperkenalkan budaya kepada masyarakat dari negara lain, sehingga budaya Gayo khususnya dapat dikenal luas hingga ke manca Negara. Serta sebagai upaya dalam melestarikan budaya yang kita miliki yang terkadang hampir hilang dari ingatan.

Di samping itu Sabirin amin selaku kepala sekolah SMK 5 mengatakan bahwa

“Kegiatan ini sangat membantu anak-anak dalam menggali potensi seni di bidang teater yang mereka miliki, sangat jarang sekali para siswa berani tampil bermain teater di hadapan teman-temannya, terlebih disaksikan langsung oleh para penonton dari negara yang berbeda, tentunya ini sangat luar biasa, dan kesempatan yang sangat jarang ditemui oleh para pelajar,”  jelas Sabirin kepala sekolah SMK 5 kepada Dailami. (SP/AG)