Pemasaran dan  Benih Asli Produksi Lokal jadi Permasalahan Petani

153

Takengon, tanohgayo.com- Permasalahan yang terjadi pada petani umumnya adalah pemasaran dan benih asli produksi lokal. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah Nasrun Liwanza, Kamis (13 Agustus 2020).

“Kendala yang terjadi pada saat ini adalah dimana pada saat masyarakat panen pertanian melimpah tidak seimbang dengan harga jual, karena saat panen raya terjadi harga hasil pertanian cenderung turun atau murah,” ujar Nasrun dalam pembahasan pemetaan permasalahan hulu hingga hilir bidang pertanian dan perkebunan di Kabupaten Aceh Tengah, di Aula Bappeda.

Hal tersebut adalah menjadi sebuah kendala untuk petani di Kabupaten Aceh Tengah, ia berharap dengan kegiatan ini dapat menghasilkan sebuah solusi yang menjadi masalah di petani.

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar berharap kegiatan tersebut dapat menghasilkan sebuah rekomendasi dan menjadikan sebuah solusi yang terjadi di masyarakat. “Kegiatan pada saat ini kita berharap permasalahan hulu hingga hilir bidang pertanian dan perkebunan di Kabupaten Aceh Tengah dapat diselesaikan dengan baik dan kita berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan solusi dan trobosan baru untuk kemajuan masyarakat Aceh Tengah,” sebut Shabela.

Diskusi dipimpin oleh Tenaga Ahli Bupati Aceh Tengah Zulfikar Fikri. Melibatkan Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Pendamping Desa dan juga Balai Pelatihan Pertanian (BPP) yang menjadi fokus di hulu dan hilir.

“Jadi kegiatan ini bertujuan mengetahui permasalahan atau program jangka panjang yang akan dilaksanakan di masing-masing Dinas dalam Kabupaten yang kita cintai ini, baik bidang pertanian dan juga bidang pemasaran,” sebut Zulfikar. (wr)