Pemkab Bener Meriah Apresiasi Peluncuran Pusat Usaha dan Pengetahuan Hasil Hutan Bukan Kayu Samar Kilang

184

Redelong, tanohgayo.com-Katahati Institute, bekerjasama dengan Kedutaan Canada membentuk suatu kelompok bisnis yang beranggotakan perempuan dari daerah Samar Kilang Kecamatan Siyah Utama Kabupaten Bener Meriah.

Katahati Institute yang didirikan oleh berbagai komponen masyarakat dengan beragam profesi dan latar belakang dari sejumlah kalangan, pemerintah, akademisi dan praktisi.

Kelompok Perempuan Samar Kilang mengadakan Peluncuran Pusat Usaha dan Pengetahuan Hasil Hutan Bukan Kayu Samar Kilang, bertempat di lapangan Samar Kilang Kecamatan Syah Utama. Selasa, (25/01/2022).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan tersebut, tampak hadir, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov. Aceh Amirullah, SE., M.Si., Ak, Direktur Katahati Institute Raihal Fajri, Dandim 0119 Bener Meriah Letkol Inf. Eko Wahyu Sugiarto, Ahmadi, SE, Tokoh sekaligus mantan Bupati Bener Meriah.

Direktur Eksekutif Katahati Institute mengatakan banyak hasil hutan bukan kayu Samar Kilang yang masih bisa dimanfaatkan kembali ataupun diolah seperti rotan, bambu dan buah Janeng yang merupakan bagian dari bahan pokok umbi-umbian.

Wabup Bener Meriah, Dailami turut memberikan apresiasi dan melakukan penandatangan Nota Kesepahaman terkait pembahasan Peluncuran Pusat Usaha dan Pengetahuan Hasil Hutan Bukan Kayu Samar Kilang.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah sangat mengapresiasi kepada para Ibu dan Kaum Perempuan Samar Kilang yang telah bergabung dalam kelompok Katahati Institute, kami juga mengapresiasi atas jalinan kerjasama dengan Kedutaan Besar Canada ini,” kata Dailami.

Ia juga berharap agar hal ini tidak hanya menjadi komoditi lokal akan tetapi citarasa olahan buah Janeng ini bisa digemari juga harus dimulai dari lidah masyarakat Bener Meriah sendiri hingga mendunia. (AG)