Pemkab Bener Meriah jadikan Depik dan Take jadi Program Inovasi Daerah

132

Redelong, tanohgayo.com- Depik dijadikan salah satu program inovasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah. Depik merupakan salah satu nama jenis ikan endemik yang ada di Danau Lut Tawar.

Dijelaskan Kadis Infokom Bener Meruah, inovasi program Depik merupakan singkatan dari Dana Insentif Pembinaan Kampung yang diberikan kepada Pemerintah Kampung dalam Kabupaten Bener Meriah yang mampu mengelola dana desanya dengan baik, sehingga mereka dianggap layak untuk diberikan dana insentif tambahan oleh pemerintah daerah.

Adapun tujuan dari Depik ini, pertama untuk meningkatkan kinerja pemerintah kampung dalam hal mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat kampung. Kedua, sebagai upaya memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) untuk mendukung pembangunan kampung. Ketiga, mendukung kinerja kabupaten dalam pencapaian insentif daerah sesuai dengan kewenangan lokal kampung.

“Diharapkan dengan inovasi Depik ini, dapat memotivasi pemerintah kampung untuk lebih serius dalam pengelolaan pemerintahannya agar lebih baik dan professional,” jelas Ilham, Kamis (29 April 2021).

Selain Depik, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah juga telah mempersiapkan inovasi lain yaitu Take, akronim dari Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi yang diperuntukkan bagi Pemerintah Kampung yang memiliki sumber daya alam yang layak untuk dilestarikan. (SP/AG)