Pemkab Bener Meriah Optimis Dapat Menekan Kasus Stunting

181

Redelong, tanohgayo.com– Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga,M.Si membuka kegiatan Pos Yandu dan Stunting di Kampung Pilar Jaya, Kecamatan Bukit, Rabu (14 Juli 2021).

Haili Yoga menerangkan kasus stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab salah satu unsur saja, akan tetapi stunting menjadi tanggung jawab bersama. “Ini dibuktikan dengan kerjasama dan usaha maksimal selama ini kasus stunting Kampung Pilar Jaya dari 16 kasus pada Tahun 2020 turun menjadi 7 kasus pada pertengahan Tahun 2021 ini dan kita yakin dapat ditargetkan akhir Tahun 2021 dapat ditekan lagi bahkan bisa mencapai 0 kasus,” ucap Sekda.

Haili Yoga juga terus berupaya memaksilmalkan semua intansi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat seperti optimalisasi fungsi dan pelayanan bidan desa serta penyuluh KB.

Dia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten terus memantau dan mengawasi kualitas pelayanan terhadap masyarakat. “Tentunya kepada masyarakat, kita juga berharap agar masyarakat dapat memberikan dukungan terhadap petugas kita yang ada di kampung-kampung,” harapnya.

Sekda mengajak seluruh masyarakat terus memahami tentang stunting dan mengerti cara penanggulangan serta pencegahan kedepannya melalui program-program yang telah dilaksanakan.

Haili menyatakan merasa optimis setelah melihat beberapa kasus stunting dan proses penanganannya. Kabupaten Bener Meriah tahun ini dapat menekan semua kasus stunting. Kepada masyarakat Kampung Pilar Jaya khususnya dan umumnya masyarakat Bener Meriah dapat menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan rumah, karena merupakan faktor penting dalam menurunkan kasus stunting.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PPPA & KB, Camat Bukit, Kabag Kesra Setdakab, Wakil Ketua TP-PKK beserta anggota, Ketua DWP, Reje dan Aparatur Kampung, Bidan Kampung, Kader Posyandu, Masyarakat Kampung Pilar Jaya.

Pantauan di lapangan, kegiatan tersebut ditutup dengan penimbangan dan pengukuran ulang anak stunting yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si. (RL/AG)