Penuhi Undangan, ini yang Dibahas Wali Nanggroe dan Konjen Amerika Serikat

282

Medan – Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Medan secara khusus mengundang Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Al Haythar. Undangan tersebut disampaikan saat Wali Nanggroe menghadiri peringatan Independence Day of Singapore yang atau peringatan Hari Kemerdekaan Singapura yang ke 57 beberapa waktu lalu di Medan.

“Jumat lalu, Wali Nanggroe memenuhi undangan tersebut,” kata Kabag Kerjasama dan Humas Wali Nanggroe, M. Nasir Syamaun MPA, Senin 29 Agustus 2022.

Didampingi Staf Khusus Dr. M. Raviq, kedatangan Wali Nanggroe disambut langsung oleh Konsul Gordon S. Church, di Gedung Uni Plaza, Medan.

Pada pertemuan tersebut, kepada Gordon, Wali Nanggroe menyampaikan terimakasih atas undangan dan kesediaan untuk bertemu secara khusus.

Ada beberapa hal yang disampaikan Wali Nanggroe, diantaranya, kondisi terkini pembangunan Aceh, juga perkembangan terkini hubungan Aceh dengan Pemerintah Pusat terkait implementasi MoU Helsinki.

“Wali Nanggroe juga menyampaikan potensi-potensi yang ada di Aceh, baik di bidang pariwisata, produk pertanian, perikanan dan kelautan, serta potensi-potensi lainnya,” kata Dr. M. Raviq menceritakan.

Menanggapi penjelasan Wali Nanggroe, Gordon menyampaikan tawaran bahwa saat ini Indonesia ada beberapa perusahaan AS yang bergerak di bidang perikanan, pertanian, serta kelautan. “Jika memang dibutuhkan, bisa kita komunikasikan,” kata Gordon.

Ia juga menyampaikan rencananya untuk datang berkunjung langsung ke Aceh, untuk melihat kondisi terkini, dan potensi-potensi yang bisa dikembangkan di Aceh.[]