Perdana Dilaksanakan Piala Bupati Aceh Tengah Petanque

108
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar memainkan olahraga Pentaque didampingi Kapolres, Dandim 0106 dan Ketum FOPI Aceh, Rabu (22/9/2021)

Takengon, tanohgayo.com – Sebanyak sembilan puluh atlet dari 21 Kabupaten/Kota  di seluruh Provinsi Aceh mengikuti kejuaraan Petanque babak kualifikasi Pra Pora dan merebut Piala Bupati Aceh Tengah di Lapangan Musara Alun Takengon, Rabu (22 September 2021).

“Jumlah peserta putra sebanyak 29 tim, untuk tim putri ada 16. Jadi sebanyak 45 tim ikut event Piala Bupati Aceh Tengah untuk jumlah atlet 90 orang,” kata Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulfan Diara Gayo, ST.

Ketua Umum Pengurus Propinsi  Federasi Olahraga Pentanque Indonesia (FOPI) Aceh, Abdurahman mengatakan kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah digelar sebagai ajang pemanasan jelang pelaksanaan Pra Pora yang akan diselenggarakan di tempat yang sama pada 23 – 30 september 2021.

Kejuaraan Petanque yang melibatkan seluruh kabupaten/kota di Aceh, merupakan kali pertama kali  dilaksanakan, karena olahraga tersebut masih tergolong baru di daerah tersebut. “Untuk piala bupati ini memang baru pertama kali diselenggarakan di Aceh, ini memang kan olahraga baru yang berasal dari Perancis. Kami kenal itu sekitar tahun 2015,”ujarnya.

Abdurrahman menambahkan kondisi lapangan dan berbagai fasilitas pendukung olahraga Petanque di Aceh Tengah sudah cukup baik,  bahkan sudah layak menyelenggarakan event kelas nasional.

“Event nasional dengan fasilitas di Aceh yaitu Aceh Tengah dan Banda Aceh. Apalagi ditambah dengan fasilitas kamar mandi, ruang ganti, dan lainnya maka Aceh Tengah sudah memiliki lapangan berkelas Internasional,” terang Abdurrahman.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar membuka langsung ke kegiatan tersebut. Ia berharap agar pertandingan berlangsung mengedepankan sportifitas kepada atlet yang bertanding. “Kita harus mengedepankan sportifitas, bertanding sambil rekreasi di Takengon ada banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi,” kata Bupati.

Selesai acara pembukaan itu, Forkopimda Aceh Tengah juga ikut bertanding mewarnai meriahnya acara tersebut. (Kumpu Awan)