PORA Pidie akan Pertandingkan 33 Cabor

179

Banda Aceh – Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV Pidie tahun 2022 direncanakan akan mempertandingkan 33 Cabang olahraga (Cabor). Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh T. Rayuan Sukma selaku Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Cabor PORA Pidie tahun 2022.

“33 Cabor PORA Pidie ini akan ditetapkan dan disahkan pada rapat anggota tahunan (RAT) KONI Aceh yang akan berlangsung secara virtual, pada 15 Desember 2020,” kata T. Rayuan, Sabtu, 12 Desember 2020, sembari menambahkan, rapat pemutusan Cabor PORA Pidie oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan sudah selesai dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 11 Desember 2020.

Nama-nama 33 cabor tersebut akan ditetapkan, disahkan dan diumumkan pada RAT KONI Aceh. “33 Cabor itu diambil dari 29 Cabor yang dipertandingkan di PORA XIII Aceh Besar tahun 2018. Dari 29 cabor itu, dua dieliminasi, tersisa 26 cabor ditambah enam cabor baru. Jadilah 33 cabor yang kita jaring dan verifikasi,” kata T. Rayuan yang juga Wakil Ketua III KONI Aceh Bidang Litbang.

Cabor-cabor yang dipertandingkan di PORA Pidie, kata T. Rayuan, juga merujuk pada Cabor yang akan dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Setelah ditetapkan dan disahkan di RAT KONI Aceh, masing-masing Cabor akan melaksanakan Prakualifikasi PORA (Pra-PORA) pada tahun 2021.

Proses penjaringan, penyaringan dan verifikasi dilaksanakan meliputi; keaktifan Pengurus Provinsi (Pengprov) masing-masing Cabor, memiliki minimal 12 pengurus kabupaten/kota, dan penyebaran atlet atau keaktifan pembinaan di kepengurusan kabupaten/kota.

“Syarat lainnya, pada Pra PORA nanti, nomor yang dipertandingkan masing-masing cabor minimal diikuti lima atlet. Kita juga akan verifikasi kembali di lapangan saat pelaksanaan Pra PORA,” kata T. Rayuan. []