Prajurit Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara Diberangkatkan ke Provinsi Papua Barat

1244

Redelong, tanohgayo.com- Sebanyak 200 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara berangkat ke Provinsi Papua Barat menggunakan dua pesawat Hercules TNI AU dari Bandara Rembele-Takengon, Senin (26 Juli 2021). Pelepasan pasukan dipimpin langusng Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki di halaman Bandara Rembele, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

“Sebelum diberangkatkan, prajurit sudah kita lakukan test swab antigen, jadi Alhamdulillah aman, karena itu yang diutamakan,” kata Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki.

Pengiriman prajurit ke Papua Barat tersebut bertujuan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Semoga prajurit kita diterima dengan baik oleh masyarakat Papua, kita berdoa agar mereka juga diberikan keberhasilan dan kesehatan,” ujarnya.

Pangdam berpesan, setiap bergerak jangan lupa berdoa dan selalu berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. “Mudah-mudahan juga, prajurit Sanggamara Kodam Iskandar Muda dapat dicintai rakyat di tanah Papua, keberhasilan prajurit adalah keberhasilan kita, kebanggan masyarakat Indonesia,” kata Pangdam.

Pangdam menegaskan, penugasan TNI dari Kodam Iskandar Muda ke tanah Papua merupakan kebanggaan besar sebagai seorang prajurit. “Ini adalah tugas yang sangat mulia, semoga dengan adanya pasukan ini dapat membantu pemerintah dalam upaya pembangunan di tanah Papua,” katanya.

Sementara, secara terpisah Danyonif RK 114/Satria Musara Letkol Inf Putra Negara kepada sejumlah wartawan mengatakan, dari total keseluruhan, ada 450 prajurit yang dikirim Papua Barat.

“Pengiriman itu secara bertahap, hari ini 200 prajurit, untuk tahap kedua 50 prajurit menggunakan kapal laut milik TNI AL dan tahap ke tiga 200 prajurit pada tanggal 3 Agustus 2021 mendatang,” jelasnya.

Pelesapasan prajurit Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara turut dihadiri Plt. Bupati Bener Meriah Dailami. “Ini adalah sejarah bagi TNI, karena baru pertama sekali dijajaran Kodam Iskandar Muda yang melaksanakan penugasan ke Papua dan Bener Meriah menjadi saksi sejarah tersebut, dan saya atas nama pribadi dan masyarakat Kabupaten Bener Meriah mendoakan agar para kesatria ini dapat diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas negara ini, hingga pulang ke kampung halaman ini tanpa kurang suatu apapun,”doa Plt. Bupati Bener Meriah Dailami.

Kepada keluarga Prajurit Yonif 114 Satria Musara yang ditinggal bertugas, Plt. Bupati Bener Meriah berpesan keluarga selalu mendoakan prajurit agar diberikan keselamatan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas yang mulai ini. (SP/AG)