RSU Datu Beru Tambah Ruang Penanganan Covid 19

109
Yunasri (foto:ist)

Takengon, tanohgayo.com– BLU RSUD DATU Beru Takengon menambah ruangan khusus penanganan pasien Covid-19 guna mengantisipasi lonjakan kasus konfirmasi positif.

Penambahan ruang isolasi tersebut, mengingat terjadinya lonjakan pasien terkonfirmasi positif virus corona di daerah itu. Saat ini sudah enam pasien yang dirawat terkonfirmasi prositif Covdid-19.

“Kemarin saat rakor di Banda Aceh, sudah disetujui penambahan 52 ruangan penanganan khusus pasien Covid-19 di Datu Beru,” kata Yunasri, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tengah, saat konferensi pers, Jum’at (7 Agustus 2020).

Pemungsian puluhan ruangan itu akan diresmikan pada 10 Agustus 2020. Akan ada rehab fisik di ruangan Anyelir dan Teratai yang nantinya akan digunakan merawat pasien Covid-19.

Sebelumnya, RSU Datu Beru Takengon hanya menyiapkan 22 tempat tidur, dan akan segera ditambah 30 lagi. Dengan adanya penambahan,  akan ada 52 bed, dengan rincian ruang ICU ada 4 bed, ruang isolasi 18 bed, serta di ruang penyakit dalam 30 bed.

Untuk 20 bed, sudah bisa difungsikan, sedangkan untuk ruang penyakit dalam yang dijadikan ruang isolasi, masih perlu renovasi. Ruang penyakit dalam yang direnovasi hanya menambah beberapa fasilitas  sehingga bisa segera digunakan sebagai ruang isolasi untuk menangani pandemi Covid-19.

Sementara itu, rumah sakit regional tengah yang ada di Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, akan disiapkan menjadi areal isolasi bagi warga yang sedang menjalani pemeriksaan atau sedang menunggu proses keluarnya hasil pemeriksaan swab. (AG)