RSUD MKR Dibekali Bimtek Sistem Informasi Manjemen Daerah

163

Redelong, tanohgayo.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Manjemen Daerah (SIMDA) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah Munyang Kute Redelong (RSUD-MKR) yang diinisiasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh yang berlangsung di RSUD-MKR, Selasa, (10/8/2021).

Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si menyampaikan, SIMDA Keuangan adalah aplikasi berbasis komputer yang didesain untuk pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah, penatausahaan sampai kepada proses pelaporan keuangan.

Peserta diberi pelatihan-pelatihan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta khususnya yang berada dilingkungan RSUD-MKR.

BLUD RSUD Munyang Kute telah melaksanakan pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan hingga penyusunan laporan keuangan namun masih dilaksanakan secara menual atau tidak dengan menggunakan aplikasi sehingga penyusunan laporan keuangan dengan metode tersebut dianggap cukup memakan waktu yang lama dan rentan terjadi kesalahan, papar Sekda.

“Sejak diresmikan pada tahun 2009 dengan RSUD Tipe C di Kabupaten Bener Meriah pada tahun 2019 lalu, RSUD Munyang Kute menjadi 3 dari 23 RSUD di Aceh yang belum menerapkan BLUD,” imbuhnya.

RSUD Munyang Kute Redelong juga telah berkoordinasi dengan BPKPA untuk membahas pelaksanaan yang terintegrasi dengan BPKPA dengan harapan agar pelaksanaan BLUD RSUD Munyang Kute dapat berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, jelasnya.

Hadir dalam pembukaan Bimtek SIMDA BLUD RSUD Munyang Kute Redelong diantaranya,Korwaspok JFA Bidang APD 1, Auditor Madya Teuku Alwi, Auditor Pelaksana Ricval Mawardi, Direktur RSUD Munyang Kute dr. Sritabah Hati, Sp.A, Kepala Tata Usaha Zakaria, S.KM, para Kabid RSUD, para Kabig BPKPA, para Kasi dan para peserta lainnya. (SP/Ag)