Sekda Drs. Haili Yoga: Melaporkan LHKPN Tidaklah Sulit, Ini Masalah Niat dan Kejujuran

66

Redelong, tanohgayo.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si mengikuti kegiatan Rapat Kerja tentang Pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Tahun 2021 bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah Aceh dan Sumsel yang dipusatkan di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara –Medan, Selasa (15 Juni 2021).

Raker LHKPN Tahun 2021 yang diadakan oleh KPK untuk Wilayah Aceh dan Sumatera Selatan di Medan – Sumatera Utara ini dilaksanakan selama dua dengan peserta seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) atau yang mewakili dan Pejabat Pengelola LHKPN seluruh Kabupaten/Kota se- Provinsi Aceh dan Sumatera Selatan.

Menurut Haili Yoga, raker tersebut tentang pembuatan LHKPN sebagai bagian dari wewenang yang dimiliki KPK yaitu melaksanakan langkah atau upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi, antara lain dengan melakukan pendaftaran dan pemeriksaan terhadap LHKPN.

Lanjut Sekda, disampaikan, KPK akan selalu melakukan monitoring kepatuhan LHKPN dan monitoring kelengkapan data khususnya dari para penyelenggara negara.

Dalam raker, dilakukan verifikasi terhadap master jabatan untuk Wajib Lapor (WL) tahun 2022 dan sosialisasi tautan e-announcement LHKPN serta penyesuaian alur pelaporan E-LHKPN berdasarkan Peraturan KPK No. 02 Tahun 2020.

“Kita beruntung, sekarang ini untuk melaporkan LHKPN tidaklah sulit, kita tidak harus datang ke kantor atau ke gedung KPK, asal ada niat, kapanpun dan dimanapun kita berada sepanjang itu ada akses internetnya semua proses pelaporan bisa dan dapat kita lakukan dengan sangat mudah dan cepat yaitu melalui e-LHKPN tadi, ini masalah niat dan kejujuran,” jelas Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si.

Peserta Raker dari Kabupaten Bener Meriah selain Sekda juga tampak hadir Kasubbag Tata Usaha Setdakab Bener Meriah Ploit Peterson, SE dan Kasubbid Evaluasi Kinerja dan Kedudukan Hukum pada BKPP Kabupaten Bener Meriah Irwansyah, SE. (RL/AG)