Sekda Minta Layanan Masyarakat Bidang Kesehatan Jangan Kosong

70

Redelong, tanohgayo.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Haili Yoga, M.Si meminta semua layanan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan mulai dari pos yandu, polindes dan puskesmas harus selalu siaga dalam rangka menghadapi hari raya Idul Fitri 1442 H dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini cenderung menunjukan adanya peningkatan.

Hal itu disampaikan Sekda ketika menjadi pembina apel pagi di Puskesmas Blang Rakal – Kecamatan Pintu Rime Gayo, Senin (3/5/2021).

Sambung Sekda, khusus untuk Puskesmas Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo, merupakan pintu masuk menuju daerah Gayo khususnya Kabupaten Bener Meriah, ini harus ektra kerja keras terutama dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442H dan sekaligus menjadi Posko Relawan Covid-19 dan Posko Operasi Ketupat 2021.

Tentang penanganan Covid-19 khususnya di Kabupaten Bener Meriah mengharapkan, para tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 semuanya harus mengambil peran apalagi bidan desa yang merupakan ujung tombak, harus memahami dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terkontaminasi oleh informasi tidak valid serta aktif melakukan pemantauan kesehatan warga terlebih bagi warga yang punya riwayat perjalanan keluar daerah, Puskesmas jangan sampai kosong, dan jangan tinggalkan posko tanpa alasan yang jelas.

Sekda juga meminta para tenaga kesehatan (Nakes) bidan desa agar lebih focus kepada optimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena bidan desa merupakan garda terdepan. “Bidan Desa merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat dilapangan, karena bidan desalah yang tau data dan seluruh informasi tentang kesehatan dalam wilayahnya masing-masing,” tegas Sekda.

Bidan desa dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah, jangan pernah lelah dan bosan mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan, membari informasi sejelas-jelasnya, mengajak masyarakat untuk berprilaku hidup sehat. Membuktikan bidan desa sebagai pelayan masyarakat di bidang kesehatan harus mampu. (RL/WR).