Semua Zona Orange Hanya Abdya Zona Kuning

180
Sektor tranportasi lintas kota lintas provinsi, penumpang dan barang dinilai punya peran kunci ikut menerapkan disiplin Prokes 3M/Foto. Agus RB

Banda Aceh, Tanohgayo.com – Hasil analisis Satgas Penanganan Covid-19 nasional, hanya Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang tersisa zona kuning di Aceh, lainnya kembali orange.

Demikian disampaikan Jubir Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah A Gani di Banda Aceh Rabu (30/12).

“Dan dari sisi zona warna kita kembali menjadi daerah orange yang kemarin ada 7 kabupaten kota yang sudah kuning, dan hasil analisis Satgas nasional, awal pekan ini hanya Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang tersisa zona kuning di Aceh, lainnya kembali orange,”ungkap SAG.

Ia mengatakan, penanganan pandemi Aceh, salah satunya fokus pada pengendalian agar tidak terjadi lonjakan kasus luar biasa, jangan sampai melampaui kemampuan daya dukung dan daya tampung sarana dan tenaga kesehatan yang ada di provinsi Aceh.

“Karena kalau terjadi lonjakan kasus yang sangat cepat dalam waktu singkat berpotensi melampaui daya dukung kita, dikhawatirkan ada pasien sakit yang terlantar dan jangan melampaui kapasitas tampung rumah sakit, itu yang harus sama-sama dicegah,”tambah SAG.

Sejak pandemi merebak untuk pertama kalinya Maret 2020, penangan pasien di Aceh dinilai cukup terkendali, kenaikan kasus pasien harian fluktuatif tetapi dibanding priode September lalu, saat ini kasus Corona Aceh jauh menurun.

“Ada kenaikan pun belasan kasus perhari, namun jangan abai dengan protokol kesehatan (prokes) disiplin 3M jangan kendur, karena lonjakan tiba-tiba bisa terjadi seperti wiayah lain,”imbau SAG.

Kasus probable di Aceh

Kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 636 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 36 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 545 sudah selesai isolasi, dan 55 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 5.045 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.769 orang sudah selesai masa isolasi, 246 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 30 orang isolasi di rumah sakit.

Aceh Turunkan Duta Perubahan Perilaku

Duta 25 Perubahan Perilaku Provinsi Aceh, melakukan kunjungan ke lapangan dan melakukan sosialisasi perubahan perilaku dengan 3M disedikitnya, 7 Kecamatan yang berada di kawasan Kabupaten Aceh Besar, dalam rilis BPBA baru-baru ini.

Sebelum melakukan sosialisasi ke lapangan, Duta 25 Perubahan Perilaku Provinsi Aceh dan Duta 75 Perubahan Perilaku Kabupen Aceh Besar, melakukan apel persiapan di depan Pos Satpol PP dan WH Aceh Besar yang dipimpin oleh Marzuki yang merupakan Duta 25 PP Provinsi Aceh dari unsur Satpol PP dan WH Aceh.

Lokasi sosialisasi perubahan perilaku yang dilaksanakan oleh Duta 25 Perubahan Perilaku Provinsi Aceh dan Duta 75 Perubahan Perilaku Kabupaten Aceh Besar menyasar keramaian di area fasilitas publik seperti pasar, kedai kopi dan lokasi wisata secara serentak di Kecamatan Ingin Jaya, Darul Imarah, Peukan Bada, Lhoknga, Baitussalam, Suka Makmur dan Kuta Malaka.(Agus Rahmad B).

#PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun adalah perilaku kunci minimalkan risiko tertular COVID-19. Disiplinkan diri, ingatkan orang lain. covid19.go.id