Shabela Janji Dukung Peningkatan Sarana dan Prasarana Disdukcapil

75
Shabela Abubkar Bupati Aceh Tengah mendapat penjelasan dari Mustafa Kamal Kadis Dukcapil terkait fasilitas pelayanan, Rabu (1/4/2020)

Takengon, tanohgayo.com-Shabela Abubakar, Bupati Aceh Tengah berjanji akan mendukung peningkatan sarana dan prasarana kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Seperti peningkatan daya tampung dan kenyamanan ruang tunggu, maupun peningkatan suasana lingkungan kerja lainnya pada dinas tersebut.

Hal tersebut diutarakannya saat meninjau pelayanan administasi kependudukan ditengah-tengah kewaspadaan dan darurat bencana terhadap penyebaran pandemic virus corona, Rabu (01/04/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal, S.STP., MPA menyatakan bahwa kantor yang sekarang masih refresentatif, namun perlu perehaban berkala, seperti penambahan luas ruang tunggu dan ruang laktasi.

Begitu juga diperlukan satu ruangan khusus yang dipergunakan untuk menempatkan ruang server SIAK yang selama ini masih berada  di depan dan menggangu ruang tunggu masyarakat.

Peralatan lain yang sangat urgen adalah genset dengan kafasitas besar, sehingga saat listrik padam tetap dapat bekerja. Selain itu, juga perlu pembenahan toilet umum sesuai standar pelayanan, ada pemisah laki dan perempuan dan khusus disabilitas.

“Bupati juga menyampaikan perlu tambahan kendaraan operasional pelayanan keliling untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari Takengon,” ungkap Mustafa.

Perlengkapan utama yang diperlukan setiap tahun harus ada adalah mobile file arsip yang tahan api, untuk menampung arsip selama setahun, karena arsip Disdukcapil bersifat vital berlaku selamanya dan tidak bisa dimusnahkan.

“Kalau sistem aplikasi hampir tanpa biaya, bangunan fisik dan pelengkapan itu yang perlu dukungan anggaran khusus,” pungkas Mustafa Kamal. (wyra)