Shabela: Kampung Gunung Singit Layak Menjadi Terbaik di Provinsi Aceh

90

Takengon, tanohgayo.com – Kampung Gunung Singit Kecamatan Silih Nara dinobatkan menjadi pemenang lomba Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021.

Keputusan tersebut ditetapkan setelah pengurus TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan penilaian pada Tanggal 25 Juni s/d 30 Juni 2021 yang lalu terhadap peserta lomba yang diikuti oleh 14 Kampung yang mewakili masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah.

Kriteria penilaian lomba mengacu pada panduan yang diberikan oleh TP-PKK Provinsi Aceh, antara lain menyangkut Tertib Administrasi, PAAR, UP2K, Aku Hatinya PKK, PHBS, Iva Test, Inovasi Desa, kemitraan desa dengan pihak lain baik dari pemerintah maupun swasta, dukungan pemerintah daerah, adanya informasi kegiatan kampung melalui media sosial, partisipasi aktif kampung dalam penanganan covid-19 serta partisipasi seluruh kader PKK dalam melaksanakan vaksin covid-19.

Pada acara pengumuman pemenang lomba Gammawar tingkat Kabupaten yang bertempat di Gedung Ummi Pendopo Bupati setempat, Senin (12/07/2021), Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna dalam laporannya menyampaikan, bahwa lomba 10 Program Pokok PKK ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kampung, Kecamatan, Kabupaten sampai dengan tingkat Provinsi sesuai dengan petunjuk teknis dari Provinsi.

“Kampung yang mengikuti lomba di tingkat Kabupaten merupakan kampung yang terbaik di tingkat kecamatan. Sedangkan untuk kampung yang akan mewakili ke tingkat Provinsi merupakan kampung yang terbaik se-Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan penilaian yang sudah dilaksanakan,” jelas Puan.

Puan menyampaikan harapannya kepada kampung yang ditunjuk sebagai pemenang agar lebih meningkatkan lagi prestasinya. “Program yang sudah baik saat ini agar ditingkatkan lagi karena untuk lomba di tingkat Provinsi kita bersaing dengan kabupaten-kabupaten di seluruh Provinsi Aceh,” harapnya.

Kampung yang belum memperoleh prestasi, Puan juga berharap agar terus membina kampungnya. “Karena pada hakikatnya menjadi juara bukanlah tujuan kita namun adanya perubahan ke arah yang lebih baik itulah yang utama,” ungkap Ketua TP-PKK Aceh Tengah itu.

Puan juga menekankan agar pembinaan kampung dilaksanakan secara berkesinambungan tidak hanya sewaktu dilombakan. “Berdasarkan pengalaman kita untuk kampung yang menjadi juara sudah pasti akan banyak dikunjungi oleh kabupaten lain. Jangan sampai ketika mereka datang berkunjung kondisi kampung tidak lagi sama dengan sewaktu penilaian,” imbaunya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengatakan dengan ditetapkannya Kampung Gunung Singit Kecamatan Silih Nara sebagai pemenang, menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri, khususnya bagi masyarakat setempat. Kampung Gunung Singit menjadi kampung yang dinilai layak dan dapat diunggulkan sebagai nominasi kampung mawaddah warahmah di tingkat Provinsi Aceh.

“Perlu disadari prestasi ini bukanlah akhir dari suatu tujuan, karena masih terdapat evaluasi di tingkat yang lebih tinggi, apakah Kampung Gunung Singit memang layak menjadi yang terbaik di Provinsi Aceh”, tegas Shabela.

Untuk itu, Shabela menekankan peran masyarakat menjadi sangat strategis guna mewujudkan kampung mawaddah warrahmah tingkat Provinsi Aceh, karena yang sangat ditekankan adalah bagaimana masyarakat berdaya dan memiliki partisipasi yang tinggi dalam setiap aktivitas sosial kemasyarakatan yang berlangsung sehari-hari.

Lebih lanjut, Shabela mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa program Gammawar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dalam bingkai keislaman, sehingga diharapkan akan terwujud kehidupan masyarakat yang damai, sejahtera dan penuh kasih sayang dalam nuansa yang penuh dengan nilai-nilai Islami.

“Melihat tujuan yang mulia tersebut, sebenarnya tanpa harus dinilai sekalipun kita harus senantiasa menyadari perlunya mewujudkan masyarakat yang senantiasa dinaungi oleh kebahagiaan dan kesejahteraan, dan berupaya seoptimal mungkin agar tujuan mulia tersebut dapat dicapai”, ucapnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati berharap semoga upaya mewujudkan Kampung Gunung Singit menjadi yang terbaik di Provinsi Aceh dapat sukses dan lancar, sebagaimana prestasi yang pernah diraih pada tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk melaksanakan ini semua tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi semua pihak, terutama warga masyarakat kampung Gunung Singit” pungkasnya. (RL/AG)