Shabela Letakkan Batu Pertama Pembangunan Perluasan Masjid Babul Husna Pantan Tengah

64

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar berkunjung ke Masjid Babul Husna Kampung Pantan Tengah Kecamatan Rusip Antara, untuk meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan perluasan masjid tersebut, Selasa (29/03/22).

Masjid yang pertama kali dibangun tahun 1980 tersebut dijadikan masjid besar pada tahun 2006 dengan Nomor ID yaitu 10.01.3.01.04.14.000006, membutuhkan perluasan dengan pertimbangan semakin besarnya jumlah kapasitas jamaah Kampung Pantan Tengah.

Saat ini masyarakat Kampung Pantan Tengah berjumlah 1.062 orang yang telah sampai umur melaksanakan kewajiban, mengingat kapasitas masjid yang saat ini hanya 105 jamaah maka pengurus masjid berinisiatif melakukan perluasan untuk memenuhi kapasitas jamaah saat ini.

Peletakkan batu pertama Masjid Babul Husna tersebut dihadiri beberapa kepala SKPK Kabupaten Aceh Tengah, Camat Rusip Antara, Reje Kampung Pantan Tengah beserta perangkatnya, serta masyarakat sekitar masjid tersebut.

Pada kesempatan tersebut panitia pembangunan Masjid Babul Husna dalam hal tersebut diwakili oleh Heriyandi berkesempatan memberi sambutan sebagai laporan kepada Bupati Aceh Tengah atas rencana pembangunan masjid tersebut.

“Kami selaku panitia pembangunan masjid merasa terhormat atas kedatangan Bapak Bupati di masjid kami ini, perluasan ini kami rasa diperlukan mengingat masjid yang kita tempati saat ini tidak mecukupi untuk menampung jamaah yang semakin ramai” ucap Heriyandi.

Menurut keterangan Heriyandi sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang disiapkan panitia pembangunan ini membutuhkan dana senilai 2.688.395.000,00 (Dua Milyar Enam Ratus Delapan Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Rupiah) dengan estimasi lama pengerjaan kurang lebih 700 hari kerja.

Sebelum memulai peletakkan batu pertama, Bupati Shabela berkesempatan memberikan arahan serta bimbingan pada segenap tamu undangan yang berhadir khususnya kepada panitia pembangunan masjid tersebut.

“Saya kira kita semua berharap pembangunan masjid ini berjalan lancar, oleh karena itu panitia harus menyiapkan proposal yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan masjid kita ini” ucap Bupati daerah penghasil kopi terbaik di dunia tersebut.

Bupati Shabela juga mengatakan bahwa bagus untuk mempercantik masjid, akan tetapi kita juga harus menjaga jamaah yang datang agar tidak berkurang yang tentunya itu adalah tanggung jawab kita bersama.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Shabela memberikan amanah dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berupa 100 sak semen, 3 gulung ambal, serta 1 jam dinding digital yang dapat diambil di Setdakab Aceh Tengah.

Mengingat kita akan memasuki Bulan Ramadhan yang hanya menghitung hari saja, sebelum menutup sambutannya Bupati Shabela mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut. (MLN/ProkopimAT)