Sukses Tingkatkan Prestasi, KONI Aceh Raih Penghargaan

314

Banda Aceh – Keberhasilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh dalam upaya meningkatkan harkat dan martabat Aceh lewat prestasi olahraga selama dua periode kepengurusan terakhir mendapat penghargaan pada ajang Serambi Award Tahun 2022.

Award untuk kategori “Sukses Meningkatkan Prestasi Olahraga Aceh” tersebut diterima langsung oleh Ketua Umum KONI Aceh H. Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem, Jumat malam 11 Maret 2022 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Penghargaan itu diserahkan oleh Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, didampingi Pemimpin Perusahaan, M Din.

Seperti diketahui, sejak Mualem memegang komando kepemimpinan KONI Aceh, prestasi olahraga Aceh terus menanjak, baik di level regional, nasional internasional.

Di level regional misalnya, cabang olahraga sepakbola yang sebelumnya dua kali absen di ajang PON, berhasil meraih tiket menuju PON XX tahun 2021 Papua, dan sukses membawa pulang medali perak.

Di level nasional, Aceh juga berhasil mencatatkan sejarah baru pada PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, dengan raihan 8 emas 7 Perak dan 9 perunggu. Capaian di Jawa Barat saat itu merupakan yang terbaik sepanjang keikutsertaan Aceh di arena PON.

Selanjutnya pada PON XX tahun 2021 Papua, berkat kerja keras semua pihak, Aceh kembali mencatatkan rekor baru dengan raihan 11 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu.

Sedangkan di level internasional, satu atlet Aceh atas nama Nurul Akmal sukses menembus ketatnya persaingan menuju Olimpiade Tokyo tahun 2021. Atlet putri cabang angkat besi tersebut merupakan atlet kedua asal Aceh yang berhasil meraih tiket Olimpiade setelah 32 tahun lamanya.

Di tahun 1988 atlet anggar Aceh atas nama Alkindi juga berhasil tampil di ajang Olimpiade Soul, Korea Selatan.

“Alhamdulillah, capaian-capaian yang kita raih selama ini adalah berkat kerjasama semua pihak,” kata Mualem usai menerima penghargaan.

Selain sukses prestasi, di masa periode kepemimpinan Mualem, Aceh juga berhasil memperoleh kepercayaan untuk menjadi tuan rumah even regional dan nasional, yaitu tuan rumah Porwil Sumatera tahun 2023, dan Tuan Rumah PON XXI tahun 2024 bersama Sumatera Utara.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Terimakasih juga kepada semua pihak yang selama ini bekerja keras untuk mengangkat harkat dan martabat Aceh lewat olahraga. Penghargaan ini adalah milik kita semua, para insan olahraga Aceh,” kata Mualem.[]