Tahap Pertama Pemkab Aceh Tengah Salurkan 1000 Paket Sembako bagi Warga Terdampak Covid 19

133

Takengon, tanohgayo.com- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan 1.000 paket sembako yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), Senin (18/5/2020).

Jumlah tersebut merupakan tahap pertama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sembako yang dianggarkan dari APBK Aceh Tengah. Data sementara Pemkab akan menyediakan bantuan sebanyak 8.925 paket.

Paket sembako yang dibagikan bernilai Rp.200 ribu yang berisikan beras 13,5 kg, gula pasir 2 kg dan minyak goreng Bimoli 2 liter.

“Seharusnya paket sembako APBK ini disalurkan diawal, namun, Pemerintah pusat melalui kementrian turut menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, kami Dinsos berada di garda belakang untuk memastikan bantuan yang tidak diterima tunai maupun non tunai oleh masyarakat untuk ditanggulangi,” terang Aulia Putra saat launching penyaluran sembako di Gedung cabang pembantu Bulog Aceh Tengah.

“Kami belum kunci data penerima, jika sewaktu-waktu masyarakat belum menerima bantuan apapun dari Pemerintah akan di Back up dari APBK. Penyebaran sembako itu sendiri sesuai dengan By Name By Address,” jelas Aulia.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan, penyaluran sembako itu sengaja dilakukan terlambat, supaya dalam realisasinya tepat sasaran dan penerima tidak tumpang tindih.

“Tidak masalah terlambat, yang penting tepat sasaran, hari ini kegelisahan kami sudah terobati,” ujar Shabela.

Penyaluran paket sembako dari anggaran APBK Aceh Tengah itu berbarengan dengan penyaluran bantuan sembako dari Pemerintah Aceh 1.098 paket untuk masyarakat yang terdampak covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Nislianuddin, Kapolres AKBP. Nono Suryanto SIK. Ketua DPRK, Arwin Mega.

Bantuan disalurkan menggunakan 7 truck, Truck TNI 2 unit, Polri 3, truck Satpol PP 1, truk box Dinsos 1 unit dan L300 BPBD 1 unit. (WR)