Home Aparatur Tekan Dampak Pandemi Wisata Aceh Jangan Kehilangan Momentum

Tekan Dampak Pandemi Wisata Aceh Jangan Kehilangan Momentum

109
Pantai Aceh yang terjaga dinilai jadi modal wisata ekologi/Foto Agus RB

Banda Aceh, Tanohgayo.com – Wisata Aceh  dengan pesona alam favorit, kaya budayanya  dinilai cukup berpeluang bangkit dari pandemi, kabupaten kota dengan potensi ekologi terjaga diharap menginspirasi banyak pelancong berwisata ke Aceh tahun 2021.

Hal itu dikatakan Praktisi UMKM peduli wisata Ismuha Hasan di Banda Aceh Rabu (30/12).

“Keindahan alammnya, wisata alam, dan pariwisata ini membutuhkan sekaligus menghidupkan banyak hal, jadi produk UMKM ini selaras sejalan dengan wisata, orang yang datang berkunjung bisa memilih produk sekaligus promosi lebih masif skala nasional,”ungkap Ismuha.

Menurut Ismuha, orang akan mencari daerah wisata dengan pesona alam favorit dan kaya budayanya, dan Aceh cukup berpeluang melakukan itu,wilayah-wilayah dengan ekologi terjaga budaya khas lokal jadi inspirasi banyak orang untuk berkunjung di 2021.

“Aceh diharapkan punya cetakbiru pariwisata, lebih fokus dan konkrit, agar investasi wisata ini terwujud, nyata dan berdampak kepada ekonomi,”ucap Ismuha.

“Kue kecil” pariwisata di tengah pandemi

Diharapkan Aceh jangan sampai kehilangan momentum, tambah Ismuha, jangan sampai terjadi klaim pembangunan wisata, namun tidak menghidupkan perekonomian warga sekitarnya.

“Warga menerima manfaat “kue kecil” dari pariwisata, mereka akan turut menjaga karena jadi bagian dari kehidupan dan masa depan mereka,”pungkas Ismuha.

Beberapa warga mengaku, Aceh kurang fokus , sering membranding dirinya bermacam-macam.

Warga Banda  Boyung mengatakan, dulu misalnya Banda Aceh membranding dirinya sebagai kota pendidikan, kenyataannya kita belum sepenuhnya bangkit dari pendidikan.

“hari ini kita bilang Aceh Hebat Aceh Carong dan itu jangan sampai jadi slogan-slogan belaka,”demikian Boy.

Sementara Minah IRT Pijay minta pemerintah bantu membuka lapangan pekerjaan, jamin kesejahteraan kesehatan perempuan desa.

Waked pesiunan swasta mengaku Tahun 2021 bahas soal ekonomi dari usaha kecil an wisata warga jangan ditinggal begitu aja, mesti lebih dilibatkan dimana pun.

#PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun adalah perilaku kunci minimalkan risiko tertular COVID-19. Disiplinkan diri, ingatkan orang lain. covid19.go.id