Tema Harkonas 2021, Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju

48

Redelong, tanohgayo.com– Peringatan Hari Konsumen nasional 2021 diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Asisten Administrasi dan Umum Setdakab Bener Meriah Armansyah, SE. M.Si mengikuti peringatan Hari Konsumen Nasional ke-3 Tahun 2021 digelar secara virtual dari ruangan media center Pemkab setempat, Kamis (28-10-2021).

Tema Harkonas Tahun 2021 “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju” dengan sub tema konsumen berdaya pulihkan ekonomi bangsa.

“Pemilihan sub tema tersebut sebagai bentuk sinergitas pemerintah dalam rangka pemulihan ekonimi nasional sebagai dampak dari masa pandemi. Penurunan laju ekonomin juga dipengaruhi oleh palo prilaku konsumen dan pelaku usaha,” kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tatatertip Niaga Veri Angriono.

“Artinya konsumen Indonesia sudah memahami apa yang menjadi haknya, namun untuk sekedar faham saja tidak cukup, sebagai konsumen harus menegakkan haknya jika mengalami kerugian, konsumen dapat menyampaikan keluhannya melalui saluran pengaduan konsumen yang harus disediakan oleh pelaku usaha jika tidak ada kesepakatan, maka konsumen dapt menyampaikan dikementerian dan lembaga terkait perlindungan konsumen atau badan penyelesaian sengketa konsumen yang berada di provinsi maupun kabupaten/kota,” ucap Veri.

Lebih jauh dikatakannya, untuk memudahkan konsumen dalam menyampaikan keluhannya setiap pelaku usaha wajib menyediakan saluran atau layanan pengaduan konsumen baik perdagangan yang dilakukan secara konfensional maupun secara elektronik. (SP/Ag)