Terima Pemulangan ODGJ, Shabela Sampaikan Terima Kasih kepada Bupati Pati

107

Takengon, tanohgayo.com– Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menerima kepulangan AW salah seorang warga Kp. Kala Lengkio Kecamatan Kebayakan, yang didiagnosa mengalami ganguan jiwa (ODGJ), Selasa (23-11-2021).

AW merupakan pensiunan guru yang pernah bertugas di Kalimatan Timur. Setelah pensiun ia kembali ke Kampung Kala Lengkio.

Dituturkan pihak keluarga, AW yang pendidam, sering meninggalkan rumah namun tetap kembali pulang. Namun sejak Maret 2019, AW pergi tanpa pamit kepada saudara-saudaranya setelah mengambil sejumlah dana pensiunnya.

Pihak keluarga kemudian menerima informasi bahwa AW telah menjadi warga binaan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) “Margo Laras” di Kabupaten Pati Jawa Tengah.

“Kami diperintahkan oleh Ibu Risma, Menteri Sosial untuk memfasilitasi kepulangan 100 penerima manfaat di rumah singgah. Untuk diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten,” ungkap Jiwa Ningsing Kepala BRSPDM Margo Laras yang turut mengantar AW ke Takengon.

Ungkap Jiwa, AW telah mendapatkan rehabilitasi karena mengalami gejala disabilitas mental. Sehingga AW rutin mengkonsumsi obat selama di balai. Bahkan dilakukan perekaman elektronik.

Jiwa Ningsih berpesan kepada Pemkab Aceh Tengah dan keluarga untuk terus mendampingi AW. Membayar iuaran BPJS, sebagai keberlajutan pemeriksaan kesehatan. Sehingga AW tidak kekurangan obat, menghindari terjadinya penurunan mental. “Didampingi kontrol rutin di puskesmas terdekat. Sering diajak komunikasi dan empat hari sebelum habis obat lakukan pemeriksaan kembali,” pesan Jiwa.

Bupati Shabela yang didampingi Sekda Subhady, saat menerima Kepala BRSPDM Margo Laras menitipkan ucapan terima kasih kepada Bupati Pati. “Dulu kami pernah memulangkan salah satu warga ODGJ ke Pati. Sekarang kami menerima warga dari Pati. Ini tentu tidak ada kesegajaan tapi inilah rahasia Allah SWT,” ungkap Shabela.

Ungkap Shabela, Wakil Bupati Pati adalah teman beliau, namun ini bukan hanya karena hubungan pertemenan namun ketentuan Allah SWT. Ada warga ODGJ Aceh Tengah mantan guru dikembalikan dari Pati. Sebelumnya ODGJ warga Pati berprofesi sebagai guru ngaji terlebih dahulu dikembalikan dari Aceh Tengah ke Pati. (wyra)