Teten Masduki: Program Kawasan Berikat bisa Dipindahkan ke Bener Meriah

155

Redelong, tanohgayo.com– Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki menyatakan kunjungannya ke Gayo khususnya ke Bener Meriah guna menggenjot perekonomian, produk komoditi unggulan kopi Arabika Gayo dan pisang Canvedish. Hal tersebut sekaligus perintah Presiden Joko Widodo, Jum’at (18 Juni 2021).

Tentang Pisang Cavendish kalau Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bisa menyediakan lahan seluas 400 ha, maka program Kawasan Berikat yang ada di daerah lain bisa dipindahkan ke Bener Meriah.  “Kita akan bisa pindahkan program Kawasan Berikat itu Bener Meriah untuk mengembangkan produk pisang Canvedish,” tegas Teten Masduki.

Lain itu kunjungan Teten merupakan kunjungan balasan Bupati Bener Meriah Sarkawi yang mendatangi Kemenkop dan UKM beberapa waktu yang lalu.

Teten Masduki juga melakukan kunjungan lapangan ke Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowagayo) di kampung Ujung Gele Kecamatan Bukit, Kebun Percontohan pisang Cavendish dan lahan perkebunan Jernang di Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Kepada Menteri, Plt. Bupati Bener Meriah Dailami mengungkapkan koperasi yang membeli kopi dari petani seperti, Koperasi Buana Mandiri, Bahtera Permata Gayo dan utamanya untuk Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowagayo) mendapat suport pendanaan dari Kemenkop dan UKM RI serta LPDB.

Plt. Bupati juga menjelaskan, akibat Pandemi Covid-19 telah memporak porandakan harga kopi Arabika Gayo khususnya di Bener Meriah, dimana saat panen raya harga kopi Arabika Gayo anjlok sampai 50% dari harga pasar. (RL/AG)