Home Aceh Tengah Wakil Bupati Saksikan Launching Program PAUD HI

Wakil Bupati Saksikan Launching Program PAUD HI

36

Redelong, tanohgayo.com- Wakil Bupati Bener Meriah Dailami  menghadiri dan menyaksikan Launching Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Provinsi Aceh dengan seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh secara serentak yang dilakukan secara virtual sekaligus Penandatanganan MoU antara Bunda PAUD Aceh dengan para Stakehoder penyelenggara Program PAUD HI Kabupaten/Kota di Media Center Kabupaten Bener Meriah, Jum’at (28 Mei 2021).

 Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT menyatakan perhatian terhadap Pendidikan Anak Usia Dini harus ditingkatkan. Penguatan PAUD merupakan investasi masa depan yang perlu didukung bersama dan itulah investasi yang paling berharga. Penelitian para pakar mengatakan Usia Dini adalah dimana masa sel-sela syaraf anak mengalami perkembangan yang sangat signifikan, sangat cepat sehingga disebut dengan masa emas.

“Negara-negara maju menaruh perhatian yang sangat khusus bagi PAUD. Indonesia utamanya di Aceh perlu mengembangangkan system yang berkualitas agar kita memiliki generasi unggul yang siap menjadi penerus pembangunan bangsa, pembangunan umat, oleh sebab itu berbagai trobosan untuk meningkatkan mutu PAUD selayakanya kita dukung bersama dan harus kita dukung bersama,” tegas Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Sementara Bunda PAUD Aceh, DR. Ir. Dyah Erti Idawaty, MT menyampaikan, salah satu prioritas pembangunan Aceh adalah peningkatan mutu pendidikan bagi generasi mudanya, peningkatan mutu tersebut tidak hanya pada pendidikan dasar dan menengah, tapi juga untuk tingkat usia dini.

Sambung Dyah, untuk memanfaatkan masa emas anak, dukungan pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota, dilakukan pengembangkan program PAUD diberbagai kampung sehingga sampai saat ini ada lebih dari 3.000 lembaga PAUD dan kelompok bermain taman penitipan anak serta satuan PAUD sejenis yang sudah ada di seluruh Aceh.

Dalam rangka rangka peningkatan mutu PAUD, akan diluncurkan trobosan baru dalam rangka meningkatkan mutu PAUD dan langkah yang akan menerapkan system pengembangan Holistik Integratif di seluruh lembaga PAUD. (RL/AG)