Wali Nanggroe: Saya Terus Pantau Perkembangan Langsa

98

Langsa – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Al Haytar mengakui, Kota Langsa merupakan salahsatu kota yang secara terus menerus menjadi dearah yang menjadi pantauan dirinya.

Hal itu disampaikan Wali Nanggroe dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Lembaga Wali Nanggroe, Rabu 14 Juli 2021 di Kota Langsa.

“Saya secara pribadi terus memantau perkembangan Kota Langsa,” kata Wali Nanggroe.

Secara pribadi, Wali Nanggroe juga mengakui, selama ini dirinya terus memperhatikan potensi-potensi yang ada, dan mendukung setiap upaya-upaya dalam rangka memajukan Kota Langsa, baik di masa sekarang, dan untuk masa-masa yang akan datang.

Atas apa yang telah dilakukan Kota Langsa bersama pihak-pihak terkait lainnya selama ini, Wali Nanggroe memberikan pujian terhadap inovasi-inovasi yang tidak sebatas perencanaan, tapi juga eksekusi lapangan. Mulai dari bidang pariwisata, perdagangan dan bidang lainnya, serta keharmonisan kehidupan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam suku.

Pada kesempatan itu, Wali Nanggroe juga sedikit mengulas sejarah Kota Langsa. Dimana pada masa kerajaan dan kolonial Belanda, Langsa merupakan kota ketiga terbesar di Aceh, setelah Banda Aceh dan Lhokseumawe. “Pelabuhan ketiga terbesar di Aceh, ada di Kota Langsa,” tambah Wali Nanggroe.

Sebelumnya, Wakil Walikota Langsa, Dr. Marzuki Hamid, MM, dalam sambutannya menyampaikan, sebagai daerah yang minim Sumber Daya Alam (SDA), Pemkot Langsa berupaya berinovasi ke sektor lain. Diantaranya, sektor jasa, perdagangan, dan indutri.

“Sektor jasa diantaranya kita fokuskan bidang jasa pariwisata dan jasa kesehatan, serta Pendidikan. Juga sektor kebudayaan,” kata Marzuki.

Upaya tersebut ternyata tidak sia-sia. Misalnya objek wisata Manggrove Forest Park yang menjadi salahsatu andalan wisata Kota Langsa berhasil meraih juara I terfavorit pada Apresiasi Pesona Indonesia (API) 2019. Sedangkan di tahun 2020, Kota Langsa juga berhasil meraih juara I Kategori Atraksi Budaya API, lewat Tari Rampoe Aceh.

Kepada Wali Nanggroe, Marzuki menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Langsa untuk menjadi tuan rumah Rapat Kerja Lembaga Wali Nanggroe tahun 2021. “Semoga Paduka Yang Mulia senang berada disini (Kota Langsa). Kita berharap Wali Nanggroe berkesempatan untuk melihat beberapa objek wisata yang ada di Kota Langsa.”[]